Kamis, 19 Sep 2019 13:39 WIB

Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kebakaran hutan Kalimantan dipotret NASA (dok NASA) Kebakaran hutan Kalimantan dipotret NASA (dok NASA)
Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia menjadi perhatian dunia. NASA memotretnya pakai satelit, sedih banget melihatnya.

Foto-foto satelit dari badan antariksa Amerika, NASA, dipajang di situs resmi NASA Earth Observatory. Dilihat detikcom, Kamis (19/9/2019) tampak Pulau Kalimantan yang berselimut asap putih. Sungguh miris.


Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang dipasang di Satelit Aqua milik NASA memotret Kalimantan pada tanggal 15 September 2015. Asap kebakaran hutan mengapung di seluruh wilayah.

Hanya Kalimantan Selatan yang tampak agak mendingan. Kabut asapnya tidak setebal di kawasan lain.

Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!Foto OLI Landsat 8 (dok NASA)

NASA juga menampilkan foto dari Operational Land Imager (OLI) pada satelit Landsat 8. Di situ lebih kelihatan lagi kebakaran hutan di kawasan perkebunan kelapa sawit. Amatan gelombang pendek infra merah diterapkan untuk memperlihatkan titik api.

Selain itu, ada peta data karbon pada 17 September 2019 dari permodelan GEOS Forward Processing (GEOS-FP). Model ini menggabungkan data satelit, pesawat dan sistem observasi di darat untuk mengamati aerosol dan api. GEOS-FP juga memakai data meteorologi seperti suhu udara, kelembabab, angin.


Semuanya dihitung secara matematis, hasilnya tampak api yang begitu parah di tengah Kalimantan. Asapnya terbawa angin sampai ke arah Natuna. Selain itu tampak juga kebakaran hutan di Provinsi Riau di Sumatera, yang asapnya sampai ke Singapura yang akhir pekan ini mau menggelar balapan Formula1.

Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!Foto GEOS-FP (dok NASA)



Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!


Simak Video "Status Darurat Pencemaran Udara di Riau Resmi Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)