Selasa, 10 Sep 2019 14:47 WIB

Hari Tanpa Bayangan Berdampak ke Layanan Telepon? Ini Faktanya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Muhammad Ridho Ilustrasi. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Bagi kalian yang menggunakan layanan berbasis satelit, ada kemungkinan bakal mengalami gangguan akibat terjadinya fenomena hari tanpa bayangan.

"Sinyal satelit untuk komunikasi, broadcast, dan navigasi bisa saja terganggu karena interferensi Matahari (sun outage) dan sintilasi di lapisan ionosfer (100-500 km di atas permukaan Bumi," kata Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, Selasa (10/9/2019).




Sedangkan untuk layanan telekomunikasi yang mengandalkan sinyal dari Base Transceiver Station (BTS), maka tidak akan terpengaruhi. "Sinyal (seluler) ponsel tidak berpotensi terganggu," kata Rhorom menegaskan.

Terkait hal ini, detikINET juga mengkonfirmasi kepada GM External Corporate Communication Telkomsel Aldin Hasyim. Disampaikannya, secara keseluruhan adanya fenomena ini tidak berdampak kepada pelanggannya.

"Hanya sedikit wilayah saja yang nanti akan terdampak terutama di daerah 3T yang menggunakan satelit tapi begitu fenomena selesai akan kembali normal," kata Aldin.




Seperti diketahui, sejumlah wilayah Indonesia mengalami hari tanpa bayangan saat Matahari berada tepat di posisi paling tinggi di langit. Akibatnya, bayangan dari benda yang tegak tampak tidak memiliki bayangannya.

"Kulminasi atau transit atau istiwa' adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit," demikian disebut di website BMKG.

"Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang', karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," imbuh mereka.







Simak Video "Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)