Senin, 09 Sep 2019 12:19 WIB

Netizen Inggris Nyinyir India Coba Taklukkan Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Upaya India menjadi negara elit yang mampu mendaratkan wahana di Bulan dalam misi Chandrayaan-2 dipastikan gagal. Banyak yang memuji upaya ambisius India tersbut walaupun suara nyinyir juga tak sedikit bermunculan.

Lander Chandrayaan 2, Vikram, dilepaskan oleh Indian Space Research Organization (ISRO) untuk menginjak Bulan pada Sabtu dini hari (7/9) sekitar pukul 01.00 waktu India atau 02.00 untuk WIB. Di dalam Vikram, terdapat rover atau robot penjelajah yang bernama Pragyaan.

Sayang, perjalanan Chandrayaan 2 dari Bumi ke Bulan sepanjang 384.400 KM harus kandas di 2,1 KM terakhir atau 13 menit setelah Vikram mulai turun ke permukaan Bulan. Lander itu hilang kontak dan kini, ISRO telah menemukan bangkainya.




Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengaku tetap bangga meskipun misi tersebut gagal. Pujian pun banyak dilontarkan walau tetap ada suara nyinyir.

"Saya berada di momen bersama kalian ketika komunikasi dengan wahana hilang kontak. Keberanian kita semakin kuat. Determinasi untuk menyentuh Bulan semakin kuat," tutur Modi.

Banyak media internasional mengangkat berita soal misi India tersebut. Di media Inggris Daily Mail, terpantau ramai komentar soal besarnya biaya misi Chandrayaan-2 ini yang menurut sebagian netizen lebih baik dialihkan untuk membantu warga miskin yang masih banyak di India.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com