Selasa, 03 Sep 2019 22:32 WIB

Berbagai Kemungkinan yang Jadi Dasar Alien itu Nyata

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi alien. Foto: Istimewa
Jakarta - Ada banyak orang percaya bahwa kita tidak hidup sendirian di alam semesta yang begitu luasnya. Tak heran, ada cukup banyak upaya manusia untuk mengetahui keberadaan mereka, para alien.

Seth Shostak, senior astronomer di SETI Institute mengatakan, memang belum ada bukti yang mengarah langsung ke sana. Tapi alam semesta adalah rumah dari ribuan planet dan benda lainnya. Shostak sendiri memperkirakan ada 1 triliun planet yang ada di Milky Way.

"Tentunya beberapa dari mereka telah mengalami apa yang telah dialami Bumi dan terciptalah kehidupan, dan itu yang kita sebut kehidupan makhluk hidup," begitu pendapatnya.


"Jika kita adalah satu-satunya makhluk berintelejensi di galaksi, atau dalam hal ini di alam semesta, maka kita benar-benar sebuah keajaiban," sambungnya.

Dalam sebuah kehidupan, eksistensi air sangat krusial karena berperan sebagai kunci peradaban. Nah, air dalam bentuk liquid atau cair menurutnya sudah umum di sistem solar kita dan mungkin di lokasi lain di alam semesta.

Contohnya di Mars yang diduga ada aliran airnya di bagian bawah permukaan atau di beberapa satelit dari planet lain yang memiliki cairan. "Di sana (luar angkasa dekat Bumi-red) kita sudah memiliki tujuh tempat lain yang mungkin memiliki air liquid, sangat dekat. Jadi itu adalah berita yang menggembirakan," sambung Shostak.

Ditambah lagi, Bumi terhitung punya perkembangan yang luar biasa cepat. Para ilmuwan memperkirakan bahwa planet Bumi berusia sekitar 4,5 miliar tahun. Ada pendapat bahwa awal kehidupan adalah bakteri berusia 3,4 miliar tahun yang disebut Stromatolit di Australia.


"Itu menunjukkan evolusi kehidupan bukan hal mustahil, karena itu terjadi sangat cepat," tutupnya seperti dikutip dari Live Science.

Jadi, bisa saja alien ada di luar sana. Tapi belum tahu juga apakah tempat hunian mereka bisa terbebas dari serangan benda asing dan seberuntung Bumi atau tidak.

Simak Video "Siapa Tahu Butuh! Ini Lokasi Tempat Berburu Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)