Selasa, 03 Sep 2019 09:27 WIB

Asteroid Bisa Menghancurkan Bumi? Ini Kata Para Ahli

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Belakangan, topik mengenai asteroid yang mengancam Bumi sedang banyak dibicarakan karena beberapa batu angkasa itu memang kerap mendekat ke planet ini. Potensi kerusakan cukup tinggi, seperti yang kadang terjadi di masa silam. Jadi, apa yang terjadi seandainya asteroid besar menabrak Bumi?

Bahwa suatu saat akan ada asteroid 'super' menabrak Bumi merupakan kepastian. "Batu besar pada akhirnya akan menghantam Bumi dan kita pada saat ini tidak memiliki pertahanan apapun," cetus pemilik SpaceX, Elon Musk, beberapa waktu silam.

"Adalah kemungkinan 100% kita akan dihantam, tapi kita tidak 100% bisa memastikan kapan," cetus Danica Remy, presiden organisasasi B612 Foundation dengan misi melindungi Bumi dari asteroid.


66 juta tahun silam, kepunahan dinosaurus juga disebut-sebut sebagai akibat tubrukan asteroid. Namun demikian menurut Dr. Lewis Dartnell, profesor komunikasi sains dari University of Westminster, London, manusia tidak akan mengalami kepunahan walau ada tubrukan asteroid.

Untuk dapat memusnahkan seluruh kehidupan di planet Bumi, asteroid harus berukuran ratusan atau bahkan ribuan kilometer. Meskipun NASA telah mendeteksi asteroid semacam itu, belum ada yang berpotensi mengancam.

"Bumi tidak akan dihancurkan oleh sebuah asteroid. Pertanyaan berbeda mungkin adalah, bisakah seluruh kehidupan di Bumi menjadi punah karena dipicu tabrakan asteroid?" sergahnya.

Ke Halaman Selanjutnya (fyk/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com