Senin, 02 Sep 2019 12:45 WIB

Badai Monster Dorian Tebar Teror di Amerika Serikat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Badai Dorian. Foto: NASA via REUTERS Badai Dorian. Foto: NASA via REUTERS
Jakarta - Badai topan Dorian sedang mengamuk. Dorian yang saking kuatnya masuk badai kategori 5 ini tengah mendekati Bahama di Karibia dan diprediksi mengancam Amerika Serikat.

Sejauh ini, dikutip detikINET dari Live Science, Dorian menebar kecepatan angin maksimum 260 kilometer per jam dan berada di timur pulau Great Abaco. Jarak si badai topan dari Florida, Amerika Serikat, adalah sekitar 360 kilometer.

"Kondisi badai merusak diprediksi segera terjadi di pulau Abacos dan akan menyebar hingga pulau Grand Bahama," sebut update dari NASA.




NASA dan lembaga terkait seperti National Oceanic and Atmospheric Administration memanfaatkan satelit dan pesawat untuk melacak pergerakan Dorian. Astronot di International Space Station (ISS) juga memantau dan merekam gambarnya.

Wilayah Florida, Georgia dan Carolina di AS kemungkinan bisa 'dihampiri' oleh Dorian. Dilanda kecemasan, Gubernur South Carolina dan Georgia bahkan telah meminta sedikitnya sejuta orang evakuasi dari wilayah pantai timur.

Gubernur South Carolina, Henry McMaster, mengakui sulitnya mengungsikan begitu banyak orang di saat bersamaan, tapi hal itu harus dilakukan.

Ke Halaman Selanjutnya


(fyk/krs)