Jumat, 23 Agu 2019 09:12 WIB

Asteroid Setinggi Burj Khalifa Bakal Sapa Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi asteroid. Foto: dok. NASA Ilustrasi asteroid. Foto: dok. NASA
Jakarta - Asteroid raksasa yang panjangnya diperkirakan hampir menyamai Burj Khalifa, bangunan tertinggi dunia saat ini, bakal menyapa alias mendekat pada Bumi kurang dari satu bulan lagi.

Lembaga antariksa NASA menyebutkan asteroid bernama 2000 QW7 itu amat 'gemuk', dengan diameter antara 290 sampai 650 meter. Ia hanya sedikit lebih rendah dari Burj Khalifa yang tingginya 828 meter.

Dikutip detikINET dari Live Science, asteroid itu kembali ditegaskan sangat besar, dua kali lebih tinggi dari Empire State Building dan akan melintas dekat Bumi pada 14 September.


Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) mengungkap 2000 QW7 akan bergerak sangat cepat, yaitu 23.100 kilometer per jam. Dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena meski dianggap sebagai obyek dekat Bumi, jaraknya dengan Bumi lumayan aman, yaitu sekitar 5,3 juta kilometer.

Sama seperti Bumi, asteroid tersebut mengorbit pada Matahari. Ia hanya sesekali mendekat dengan planet ini, terakhir pada 1 September 2000. Kemudian bakal terjadi lagi pada 19 Oktober 1938.

NASA dan lembaga antariksa lain belakangan makin awas mengamati asteroid karena diprediksi di masa mendatang, akan ada yang menghantam Bumi seperti yang berulangkali terjadi di masa silam.

Near Earth Object atau NEO, demikian sebutannya. Saat ini, NASA menyatakan belum ada NEO yang mengandung ancaman signifikan, tapi tidak bisa diremehkan.

Menurut Dante Lauretta selaku Principal Investigator NASA, asteroid menghantam Bumi setiap hari. Namun kebanyakan begitu kecil sehingga terbakar di atmosfer. Tapi asteroid kecil pun dapat menimbulkan kerusakan. Dan semakin kecil, semakin susah dideteksi.

Teknologi pertahanan asteroid pun dipercanggih. US National Science and Technology Council telah merilis rancangan National Near-Earth Object Preparedness Strategy and Action Plan untuk mengkoordinasikan upaya dalam 10 tahun ke depan dalam menangkal bahaya asteroid.



Asteroid Setinggi Burj Khalifa Bakal Sapa Bumi


Simak Video "Asteroid 'Dewa Kekacauan' Dekati Bumi 10 Tahun Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com