Kamis, 22 Agu 2019 20:25 WIB

5 Tempat Misterius di Pegunungan Himalaya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pegunungan Himalaya. Foto: (Thinsktock) Pegunungan Himalaya. Foto: (Thinsktock)
Jakarta - Pegunungan Himalaya memang penuh pesona dengan gunung-gunung tinggi dan pemandangan spektakuler. Di sisi lain, ada beragam daerah misterius di atap dunia itu.

Apa saja? Berikut di antaranya yang dikutip detikINET dari Times of India.

1. Danau Gurudongmar

Danau Gurudongmar terletak di ketinggian, di sisi pegunungan Kanchengyao. Nah jika menyambangi danau ini, bahkan di musim dingin, kemungkinan turis akan menjumpai bagian kecil dari danau yang tidak membeku, padahal sekelilingnya adalah es.

5 Tempat Misterius di Pegunungan HimalayaFoto: Istimewa

Warga lokal meyakini, orang suci dahulu kala menyentuh spot tersebut dan membuatnya airnya tetap cair, tak pernah beku. Alasannya untuk memudahkan kehidupan orang-orang yang tinggal di sekitar sana agar terhindar dari kekeringan.




2. Danau Roopkund

Terletak di salah satu tempat trekking terindah di wilayah Uttarakhand, danau Roopkund yang ada di ketinggian sekitar 5.000 meter ini menyimpan sekitar 800 kerangka manusia. Belum ada penjelasan memuaskan kenapa ada begitu banyak orang mati massal di daerah terpencil itu.

Mitos lokal menyebut mereka adalah raja dan istrinya yang hamil, Rani Balampa, bersama pelayan dan penari, yang berziarah ke kuil dewi Nanda Devi. Tapi Nanda Devi malah merasa terganggu dan datanglah badai dan batu besar berjatuhan sehingga mereka semua meninggal dunia.

3. Biara Sarang Harimau

Biara Sarang Harimau atau Tiger's Nest Monastery terletak di sisi terjal sebuah tebing di negara Bhutan. Di sini, ada gua yang diyakini sebagai tempat meditasi Guru Padmasambhawa selama 3 tahun 3 bulan 3 minggu 3 hari dan 3 jam.

Ia disebut terbang ke tempat ini dari Tibet dengan menunggangi harimau. Tempatnya yang begitu tinggi bahkan untuk ukuran zaman sekarang, membuat banyak pihak mengagumi bagaimana orang di masa silam membangunnya.




4. Gangkhar Puensum

Gangkhar Puensum merupakan gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki. Terletak di Bhutan, gunung ini sudah diukur tingginya berulangkali, tapi angkanya konon selalu berbeda.
5 Tempat Misterius di Pegunungan HimalayaFoto: Istimewa

Orang Bhutan meyakini Gangkhar Puensum merupakan rumah makhluk-makhluk mistis seperti yeti dan juga para dewa. Beberapa upaya pendakian ke sana kabarnya selalu gagal sehingga aura misteriusnya terus terjaga. Beberapa orang melapor mendengar suara dan cahaya misterius serta penampakan tertentu.

5. Gyanganj

Juga dikenal sebagai Kota Makhluk abadi, Gyanganj lokasinya dipercaya di tempat terpencil, di ngarai Himalaya yang tidak dapat diakses orang kebanyakan. Beberapa usaha dari pendaki untuk menemukan lokasi persisnya selalu berujung kegagalan.

Umat Budha, terutama di Tibet dan India, meyakini bahwa Gyanganj bukan sekadar tempat melainkan dimensi yang lebih tinggi. Lokasinya hanya dapat dicapai oleh jiwa-jiwa yang pantas dan mereka yang tinggal di sana akan abadi. Beberapa pemimpin spiritual mengklaim pernah mengunjunginya.




5 Tempat Misterius di Pegunungan Himalaya


Simak Video "Uji Ketangguhan Royal Enfield Himalayan di Jalan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)