Selasa, 23 Jul 2019 22:01 WIB

Ilmuwan China: Tak Sulit Mendaratkan Manusia di Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Wahana Change 4 di Bulan. Foto: China National Space Administration Wahana Chang'e 4 di Bulan. Foto: China National Space Administration
Guangdong - Ilmuwan antariksa China mengaku telah melakukan penelitian dalam rangka mengirimkan astronot pertama ke Bulan. Bahkan mereka berani sesumbar, menaklukkan satelit Bumi tersebut bukanlah sesuatu yang sukar.

"Mengirimkan orang China ke Bulan tidak akan menjadi banyak masalah," kata Wu Weiren dari Chinese Academy of Engineering dalam sebuah event di Guandong. Wu adalah desainer dalam program pengiriman wahana China ke Bulan.

China mungkin ingin mengatakan keberhasilan Amerika Serikat mengirimkan astronot pertama ke Bulan 50 tahun silam dapat juga mereka lakukan. Namun, Wu tidak mengungkap kapan China akan mengirim astronotnya ke sana.


China saat ini adalah satu dari tiga negara yang berhasil mendaratkan rover di Bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet. Misi terbaru adalah Chang'e 4 yang sukses menginjak sisi jauh Bulan pada Januari silam.

"Eksplorasi China di Bulan pada masa mendatang akan ditentukan oleh teknologi, kapabilitas dan kekuatan keseluruhan ekonomi China sendiri," cetus Pe Zhaoyu, deputi direktur Lunar Exploration and Space Engineering Center.

Ia menambahkan program antariksa bukanlah perlombaan. "China tidak akan bertanding melawan negara lain, tapi akan mengikuti jadwalnya sendiri," imbuhnya.

China berencana mendaratkan misi Change'e 5, 6, 7 sampai 8 dengan jadwal sampai tahun 2030. Chang'e 8 bahkan punya misi mencari kemungkinan membuat basis riset internasional di Bulan. Juga menguji teknologi printer 3 Dimensi untuk habitat manusia.



Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Akan Ajak Seniman Wisata ke Bulan:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/rns)