Selasa, 23 Jul 2019 14:46 WIB

India ke Bulan, Shah Rukh Khan Sampai Akshay Kumar Bangga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Shah Rukh Khan. Foto: Istimewa Shah Rukh Khan. Foto: Istimewa
Jakarta - Keberhasilan lembaga antariksa India, Indian Space Research Organization (ISRO), melesatkan misi Chandrayaan-2 menuju Bulan disambut meriah rakyatnya, demikian juga para selebriti. Nama tenar yang biasa menghiasi film dari Bollywood mengungkapkan rasa bangganya.

"Untuk melakukan hal itu dibutuhkan jam-jam ketelatenan bekerja, integritas dan keyakinan. Selamat untuk tim di ISRO untik Chandrayaan 2," begitu kurang lebih tulis Shah Rukh Khan di Twitter.

Aktris cantik Anushka Sharma tak mau ketinggalan mengucapkan selamat. Ia terutama menyoroti peran besar ilmuwan wanita India dalam proyek ambisius ini.


"Sangat menginspirasi melihat dua wanita sebagai kepala proyek ini. Ritu Karidhal dan Muthayya Vanitha adalah wanita super. Salut untuk seluruh tim," tulus Anushka, juga di Twitter.

"ISRO kembali menyelesaikan prestasi besar. Salut kepada tim yang menghabiskan hari-hari tak terhitung untuk memastikan kesuksesan Chandrayaan 2," sebut aktor kawakan, Akshay Kumar.

Seperti diberitakan, misi ambisius Chandrayaan 2 meluncur ke antariksa dari stasiun angkasa Shirakota pada hari Senin waktu setempat. Dalam bahasa Sanskerta, Chandrayaan berarti kendaraan Bulan. Misi ini memang membawa rover untuk menjelajah Bulan.


Dengan keberhasilan peluncuran, India berpotensi menjadi negara keempat di dunia yang mampu mendaratkan rover di Bulan setelah Amerika Serikat, China dan Uni Soviet. Dengan biaya USD 145 juta, rover India diharapkan mendarat di Kutub Selatan Bulan.

Misi ini akan terbang selama 2 bulan sebelum memposisikan diri sekitar 100 kilometer dari permukaan Bulan. Dari situ, lander bernama Vikram bakal memisahkan diri dan mendarat. Kemudian, rover robotika bernama Pragyan akan berada di sana selama 14 hari mengumpulkan sampel mineral dan kimia untuk analisis ilmiah.

Simak Video "Shah Rukh Khan Pose Bareng Jackie Chan dan Jason Momoa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/mon)