Selasa, 23 Jul 2019 09:52 WIB

'Peran' NASA buat Lego

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Associated Press
Jakarta - Buat yang gemar nge-Lego niscaya tak asing-asing amat dengan seri Antariksa alias Lego Space. Nah, mainan macam ini ternyata juga tak lepas peran NASA.

Lego mulai meluncurkan lini antariksa mainannya pada tahun 1978 atau nyaris satu dekade usai misi pendaratan di Bulan oleh Apollo 11. Setelah itu, secara berkala tema-tema antariksa pun dirilis Lego, termasuk pada perayaan 50 tahun Apollo 11.

Nah, sehubungan dengan itu Lego tersebut tak ditujukan sebagai sekadar mainan melainkan juga mempertimbangkan aspek detail nyata. Simon Kent, salah satu desainer Lego, bersama para koleganya pun sempat berkunjung ke markas NASA untuk bertatap muka dengan para personel dan engineer di sana, sekaligus membandingkan mainan dengan beragam wahana antariksa yang kini difungsikan.


"Di penjuru perusahaan kami, luar angkasa merupakan sebuah tema besar yang dapat kami jelajahi dengan beraneka cara, apakah itu jadi seperti Lego City, atau model display wahana antariksa yang sangat rinci," katanya kepada The Verge.

"Antariksa merupakan sebuah tema atau subjek yang menarik buat anak-anak dan juga orang dewasa. Senantiasa ada kebutuhan agar mainan luar angkasa seperti ini bisa menarik buat anak-anak," ucap Kent.

Menurut Kent, yang bersama timnya bertanggung jawab atas set Lego City, selama empat dekade terakhir Lego sudah banyak mengulik tema antariksa, mulai dari set makhluk asing yang cenderung fiksi sampai ke set yang lebih realistis.

Dikatakannya, tradisi itu dilanjutkan oleh Lego di tahun 2019, "dengan gambaran yang semakin bertambah realistis, mempertimbangkan apa yang mungkin dilakukan oleh badan antariksa seperti NASA dalam waktu dekat di masa depan."

Namun, Kent juga menyebut bahwa set Lego itu tidak persis sama dengan apa yang dipakai oleh NASA dan perusahaan serupa lainnya pada saat ini. Itu karena Lego sebenarnya mengkreasikan produknya dengan memprediksikan objek nyata dalam beberapa tahun ke depan.


Nah, salah satu hal menarik yang didapati Kent dan timnya dalam kunjungan teranyar ke NASA, dalam usaha menggali inspirasi untuk set-set Lego mendatang, adalah bahwa fasilitas dan proyek di sana ternyata tak jauh beda dengan mainan yang mereka rancang pada saat ini. Artinya, apa yang dirancang Lego sebenarnya juga sudah dikembangkan NASA.

"Ada ironi tersendiri karena kami menduga ada beberapa hal yang kami kerjakan kelewat jauh ke masa depan. Di sana kami melihat hal-hal yang mereka kembangkan, kami tercengang karena mereka ternyata sudah mulai melakukan hal-hal tersebut," tuturnya.

Simak Video "NASA Buka Lowongan Astronaut, Intip Persyaratannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/fyk)