Senin, 15 Jul 2019 22:02 WIB

Jika Bukan Alien, Ada Apa Sebenarnya di Area 51?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot Google Maps Foto: Screenshot Google Maps
Jakarta - Nama Area 51 tengah naik daun karena ada ajakan di Facebook untuk menyerbu lokasi ini. Sebenarnya Area 51 itu apa sih, dengan mengesampingkan kabar burung bahwa di sana ada alien?

Nama resmi Area 51 adalah Homey Airport dan Groom Lake, yang merupakan bagian dari Edwards Air Force Base dan Nevada Test and Training Range. Namun badan intelijen AS CIA sempat menggunakan nama Area 51 dalam dokumennya terkait Perang Vietnam.

Kegunaan utama area ini tak pernah diungkap ke publik, namun dari bukti-bukti sejarah, area ini merupakan tempat pengembangan dan pengujian pesawat eksperimental dan sistem persenjataan Amerika Serikat, dan kegunaan inilah yang sepertinya membuat AS benar-benar merahasiakan Area 51.

Sejumlah teori konspirasi menyebut kalau Area 51 adalah tempat AS menyimpan komponen dari pesawat asing (unidentified flying object - UFO). Namun tempat ini awalnya dibangun untuk menguji pesawat Lockheed U-2.

U-2 Dragon LadyU-2 Dragon Lady Foto: Lockheed Martin/Getty Images

Area 51 sendiri berlokasi pada bagian selatan di negara bagian Nevada, sekitar 134 km arah utara dari Las Vegas. Pada bagian tengah lokasi ini, tepatnya di bagian selatan Danau Groom, adalah sebuah lapangan terbang militer.

United State Air Force (USAF) atau AU-nya AS mengambil alih lokasi ini pada 1955, yaitu saat mereka membutuhkan tempat untuk melakukan pengujian terbang dari pesawat U-2. Di sekitar Area 51 ada sebuah kota kecil bernama Rachel, yang ada di tepi Extraterrestrial Highway, yang merupakan destinasi populer bagi para turis.

Tempat pengembangan berbagai pesawat

Fasilitas pengujian Danau Groom dibangun pada April 1955 oleh CIA untuk Project AQUATONE, yang merupakan proyek untuk mengembangkan pesawat pengintai Lockheed U-2.

Pengujian U-2 itu sejatinya akan dilakukan di Edwards Air Force Base atau di fasilitas Palmdale milik Lockheed. Namun karena pesawat tersebut sangat dirahasiakan, lokasi pengujiannya pun harus dilakukan di tempat yang sangat tersembunyi, dan Danau Groom yang dipilih untuk pengujiannya.

Penggunaan Danau Groom tak berhenti di pesawat U-2. Pada 1977 pemerintah AS pun menguji prototipe Lockheed Have Blue di tempat tersebut. Pesawat ini merupakan miniatur proof-of-concept atau cikal bakal dari F-117 Nighthawk.

F-117 NighthawkF-117 Nighthawk Foto: Lockheed Martin/Getty Images

Pengujian F-117 di Area 51 ini dimulai pada 1978 setelah USAF memberi kontrak pengembangannya kepada Lockheed. Dan pada 17 januari 1981, Area 51 kedatangan prototipe YF-117A dan memulai pengembangan dan berbagai pengujiannya.

Evaluasi teknologi asing

Selama Perang Dingin, salah satu misi yang harus dijalankan oleh militer AS adalah menguji dan mengevaluasi pesawat Uni Soviet yang berhasil ditangkap. Pada akhir 1960 sampai beberapa dekade setelahnya, Area 51 juga dipakai untuk tempat untuk membongkar pesawat-pesawat milik Uni Soviet.

Pesawat yang dibongkar dan diteliti itu antara lain adalah MiG-21 Fishbed yang kemudian diberi nama Have Doughnut dan MiG-17 Fresco yang diberi nama Have Drill. Kedua pesawat ini didapat AS dari Israel.

MiG-21 FishbedMiG-21 Fishbed Foto: Lockheed Martin/Getty Images

Kedua pesawat ini juga menjadi dua pesawat MiG pertama yang diterbangkan di AS, yaitu saat keduanya diterbangkan untuk mengevaluasi performanya, dan dibandingkan dengan pesawat tempur AS.

Masih terus diperluas

Setelah F-117 akhirnya dioperasikan secara penuh pada 1983, AS terus melanjutkan operasinya di Danau Groom, dan terus memperluas landasan dan berbagai bangunan pendukung di Area 51.

Ekspansi yang terbaru, setidaknya yang terungkap ke publik, terjadi pada 2015 lalu, saat hakim federal memberikan perintah pengadilan untuk menyerahkan sejumlah tanah milik warga ke USAF, yang akan digunakan untuk memperluas Area 51.

Lahan tersebut, menurut hakim, diambil alih demi keamanan kareana terhubung langsung dengan fasilitas pelatihan dan pengujian di Area 51.

Simak Video "Menjajal Motret Pakai Kamera 64 MP Realme"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed