Senin, 15 Jul 2019 12:40 WIB

Spesies Baru Ini Diberi Nama Wakanda, Kenapa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Black Panther bertarung di Wakanda. Foto: Istimewa Black Panther bertarung di Wakanda. Foto: Istimewa
Jakarta - Peneliti menemukan spesies binatang yang belum pernah dikenali sebelumnya di Tanzania, Afrika. Dianggap memiliki filosofi yang sama, hewan itu pun diberi nama Wakanda. Apa itu?

Spesies baru yang dimaksud bukan panther atau macan kumbang hitam seperti di komik, justru Wakanda tersebut adalah seekor ikan nan imut.



Satwa tersebut adalah ikan peri wrasse. Berdasarkan foto yang dirilis, ikan ini tidak memiliki corak warna hitam, melainkan berwarna mencolok dengan ungu cerahnya.

Usut punya usut seperti dilansir dari Cnet, Senin (15/7/2019), ikan mungil itu ditemukan di lebih dari 200 kaki di bawah permukaan laut, tepatnya berada di area terumbu karang Zanzibar, Tanzania.

Temukan Spesies Baru, Peneliti Beri Nama WakandaFoto: Istimewa


Meski berwarna terang, sisik dari ikan spesies anyar ini mengingatkan peneliti kepada negeri Black Panther ala T'Challa yang tersembunyi. Penulis utama studi, Yi-Kai Tea, mengatakan terumbu karang yang terisolir dan belum pernah dijelajahi jadi alasan penamaan ikan tersebut.

Filosofi itu yang jadi latar belakang ikan wrasse spesies terbaru resmi menyandang namaVibranium Fairy Wrasse atauCirrhilabruswakanda karena sama-sama tempatnya rahasia dan terisolasi di Afrika.

"Ketika kami memikirkan sifat rahasia dan terisolir dari terumbu karang Afrika yang belum dijelajahi ini, kami tahu kami harus menamai spesies ini dengan Wakanda," ujar Yi-Kai Tea dari University of Sydney.

"Kami mengetahui tentang ikan ini dari Samudera Hindia, tetapi selalu berpikir ada yang hilang di sepanjang tepi timur benua. Ketika saya melihat ikan ungu yang menakjubkan ini, saya langsung tahu bahwa kami sedang berhadapan dengan potongan puzzle yang hilang," pungkasnya.

Simak Video "Mau Tahu Stuntman Black Panther? Ini Dia Orangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed