Sabtu, 13 Jul 2019 17:33 WIB

7 Fakta 'Area 51' yang Mau Diserbu Ratusan Ribu Orang

Virgina Maulita Putri - detikInet
7 fakta Area 51 yang mau diserbu ratusan ribu orang. (Foto: istimewa) 7 fakta 'Area 51' yang mau diserbu ratusan ribu orang. (Foto: istimewa)
Jakarta - Baru-baru ini sebuah undangan di Facebook viral karena mengajak orang-orang untuk menyerbu Area 51. Undangan berjudul 'Storm Area 51, They Can't Stop All of Us' ini mengajak pemburu alien untuk berkumpul di dekat Area 51 pada tanggal 20 September untuk menyerbu dan mencari alien.

Rupanya, ajakan tersebut saat ini sudah diikuti oleh lebih dari 540.000 orang dari seluruh dunia. Tetapi, setelah diusut ajakan ini hanya lelucon belaka dan halaman undangan tersebut justru dipenuhi meme tentang alien dan cara untuk membobol Area 51.




Lantas apa itu Area 51? Mengapa tempat ini sangat misterius? Yuk simak tujuh fakta berikut seperti dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Area 51?

Area 51 adalah instalasi militer rahasia yang berada sekitar 129 kilometer barat laut dari Las Vegas. Area ini terbilang sangat luas, mencakup 1,2 juta hektar dengan 12.950 kilometer persegi area larangan terbang di atasnya.

2. Asal Usul Nama Area 51

Begitu mendengar nama Area 51 pasti langsung terpikir akan misteri dan teori konspirasi yang sering mencatut namanya. Rupanya nama Area 51 berasal dari sebutan pada peta Nevada Test Site dari tahun 1950-an. Nevada Test Site sendiri merupakan tempat uji coba senjata nuklir yang dimulai pada tahun 1950-an.

Secara resmi, Area 51 merupakan bagian dari Nevada Test and Training Range yang berhubungan dengan Nellis Air Force Base. Tempat ini menjadi pusat uji coba senjata nuklir dan pesawat-pesawat rahasia.

3. Pusat Teori Konspirasi Alien

Salah satu hal yang membuat nama Area 51 terkenal adalah klaim bahwa tempat ini menyimpan alien dan UFO yang pernah mampir ke Bumi. Semua teori ini mulai pada tahun 1947 ketika sebuah harian di Roswell, New Mexico, AS mengklaim bahwa Angkatan Udara AS menangkap piring terbang di area tersebut.

Penggemar teori konspirasi mengatakan bahwa objek yang jatuh tersebut merupakan UFO yang kemudian dibawa ke Area 51 untuk diteliti. Tapi Angkatan Udara AS menyebut bahwa objek yang jatuh tersebut merupakan balon cuaca.

Selain itu, pada tahun 1980-an seorang pria bernama Robert Lazar mengaku bahwa ia pernah bekerja di Area 51 dan melihat langsung UFO tersebut. Tapi kemudian, ia diketahui berbohong tentang klaimnya tersebut.

4. Menjadi Pusat Teori Konspirasi Lainnya

Seakan teori konspirasi tentang alien dan UFO tidak cukup, Area 51 juga menjadi pusat teori konspirasi tentang pendaratan manusia di Bulan.

Dalam bukunya, penggemar teori konspirasi Bill Kaysing menyebut bahwa NASA tidak berhasil mengirimkan astoronot ke Bulan dan video yang menunjukkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berjalan di permukaan bulan direkam di Area 51.




5. Memiliki Banyak Julukan

Sebelum menjadi tempat yang misterinya menjadi daya tarik utama, Area 51 memiliki banyak nama julukan. Beberapa di antaranya adalah Dreamland dan Paradise Ranch.

6. Area yang Terlarang

Area 51 dapat dilihat di peta maupun di Google Maps. Tapi tidak sembarang orang bisa memasuki area ini. Area ini dijaga oleh penjaga bersenjata yang dikenal dengan nama 'camo dudes' karena pakaian yang mereka gunakan saat patroli.

Bagi yang nekat untuk memasuki Area 51 tanpa izin, siap-siap mendapat denda yang cukup besar, seperti sekelompok turis yang tidak sengaja memasuki area terlarang di Area 51 beberapa tahun yang lalu. Mereka dijatuhi denda sebesar USD 650 atau sekitar Rp 9 juta.

7. Populer di Kalangan Turis

Turis dan penggemar konspirasi teori memang tidak bisa memasuki Area 51, tapi mereka bisa mengunjungi gerbang depan dan belakang kawasan ini. Selain itu kota kecil di sekitar Area 51 yang bernama Rachel juga memiliki beberapa hotel, tempat makan dan museum dengan tema UFO dan alien.

Daerah lainnya yang sering dikunjungi turis adalah papan penunjuk jalan yang bertuliskan Extraterrestrial Highway. Jalan ini dulunya bernama Route 375, tapi otoritas Nevada menggantinya menjadi Extraterrestrial Highway pada tahun 1996.

Simak Video "Siapa Tahu Butuh! Ini Lokasi Tempat Berburu Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)