Kamis, 11 Jul 2019 06:45 WIB

Pesawat Misterius AS Tertangkap Kamera

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi X-37B. Foto: istimewa Ilustrasi X-37B. Foto: istimewa
Jakarta - Pesawat antariksa milik Angkatan Udara Amerika Serikat, X-37B, selama ini belum pernah tertangkap kamera saat lalu lalang di orbit rendah Bumi. Kini, seorang pakar astronomi asal Belanda mengklaim telah menjepret pesawat misterius tersebut.

X-37B berada di orbit sejak September 2017 dan tak terdeteksi di orbit rendah Bumi, di mana ia melakukan eksperimen rahasia untuk laboratorium rahasia AU AS. Adalah Ralf Vanebergh yang memajang foto agak kabur, tapi ia yakini sebagai X-37B.

"Ketika aku coba mencarinya pertengahan Juni, ia tidak melalui waktu dan jalur yang sudah diprediksi. Ia kemudian ditemukan kembali di orbit dan aku bisa memotret beberapa foto pada 30 Juni dan 2 Juli," katanya yang dikutip detikINET dari Space.com.

Pesawat Misterius AS Tertangkap KameraFoto: Ralf Vandenbergh.

Pesawat itu bentuknya seperti miniatur pesawat ulang alik NASA yang kini sudah dipensiunkan. "Ia sungguh obyek yang kecil, jadi jangan harapkan detail dari foto yang dijepret dari bawah. Kita bisa mengenali hidungnya, ekornya dan bahkan beberapa detail kecil," cetus Ralf.




Setidaknya ada dua unit X-37 yang telah dibuat oleh Boeing. Panjang pesawat tersebut adalah 8 meter dan bentang sayapnya 4 meter.

Misi terbaru ini diterbangkan dari Kennedy Space Center pada 7 September 2017. Bulan April lalu menandai ia telah berada di angkasa selama 600 hari.

AU AS sangat jarang memberi informasi soal aktivitas pesawat tersebut. Ia diketahui dapat membawa beban sampai 4.990 kilogram.

Pesawat Misterius AS Tertangkap Kamera


Simak Video "Pesawat Luar Angkasa Israel Tabrak Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed