Selasa, 09 Jul 2019 13:06 WIB

Rover China Siap Sambangi Mars Tahun Depan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Render rover China ke Mars. Foto: Xinhua Render rover China ke Mars. Foto: Xinhua
Beijing - China kian agresif dalam perlombaan antariksa. Negeri Tirai Bambu itu mengaku telah menyelesaikan konstruksi kendaraan rover pertamanya yang diklaim akan menyambangi planet Mars.

Tahun 2020 dibidik jadi waktu peluncuran rover tersebut. Dikutip detikINET dari Panda Daily, misi utamanya adalah untuk mengeksplorasi apakah planet merah dapat diubah sehingga bisa mendukung habitat manusia.

"Kita harus menemukan planet untuk melihat apakah ia dapat diubah menjadi Bumi kedua, di mana manusia dapat imigrasi. Saat ini, kemungkinannya hanyalah Mars," ujar Ouyang Ziyuan, akademisi Chinese Academy of Sciences.




Selama misinya, si rover akan mengambil data atmosfer, topografi, geologi, sampai magnet yang melingkupi Mars. Untuk mendarat di Mars, ilmuwan China harus mengatasi beragam tantangan, seperti hempasan badai debu yang kuat setara 12 angin topan di Bumi.

Sejauh ini, hanya 19 dari 45 misi manusia ke Mars berujung kesuksesan. Mayoritas yang berhasil tidak mendarat di permukaannya, tapi terbang di orbitnya.

Ilmuwan China mengutarakan rasa optimistis. "Walaupun misi China ke Mars dimulai belakangan, kami punya desain baik. Dan kami siap menghadapi tantangannya," kata Pang Zhihao, salah satu ilmuwan yang terlibat.




Pembuatan rover Mars itu melibatkan pula pakar yang membuat wahana China di Bulan, Chang'e 4. Diharapkan, roket Changzheng 5 yang membawanya terbang pada bulan Juli atau Agustus. Jika berjalan sesuai rencana, rover itu sudah dapat mengirim data ke Bumi pada 2021.

China berharap, rover buatannya dapat menghadirkan terobosan seperti yang dilakukan Chang'e 4. Chang'e 4 adalah wahana pertama yang berhasil mendarat di sisi jauh permukaan Bulan.




Simak Video "Jumlah Pekerja China Capai Angka 780 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed