Serba-serbi Hari UFO Sedunia di Tanggal 2 Juli

Serba-serbi Hari UFO Sedunia di Tanggal 2 Juli

ADVERTISEMENT

Serba-serbi Hari UFO Sedunia di Tanggal 2 Juli

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 03 Jul 2019 12:38 WIB
Tentang Hari UFO Sedunia di tanggal 2 Juli. (Foto: David McNew/Newsmakers)
Jakarta - Sudah tahu ada Hari UFO Sedunia setiap tanggal 2 Juli? Jika belum, lanjut simak fakta-fakta seputar Hari UFO tersebut, termasuk sejarahnya.

UFO pada dasarnya didefinisikan sebagai unidentified flying object atau benda terbang yang tak teridentifikasi. Maka tentu saja perayaan Hari UFO pun terkait dengan hal-hal itu.

Buat yang rutin menggaungkannya, Hari UFO salah satunya dirayakan pada penekanan eksistensi UFO dan intelejensi lainnya yang berkaitan dengan luar angkasa, bahwa kehidupan tak cuma ada di Bumi.

Sebelum "bersepakat" pada tanggal 2 Juli, kabarnya perayaan Hari UFO dilakukan setiap 24 Juni. Tanggal itu merujuk pada kesaksian aviator Kenneth Arnold yang mengaku melihat sembilan penampakan objek terbang di atas Washington.




Latar belakang perayaan Hari UFO

Dikutip dari Aljazeera, ada banyak bentuk perayaan untuk Hari UFO Sedunia. Tetapi berdasarkan penjelasan World UFO Day Organization (WUFODO), pada tanggal ini orang-orang didorong untuk mengamati langit dan mengidentifikasi adanya benda-benda asing.

Menurut mereka, hal yang paling penting adalah, "orang-orang secara kolektif dapat membuka pikiran mereka selama satu hari dan mengirimkan pesan bahwa UFO diterima di bumi ini."

Kejadian kunci -- Roswell Project

Pada hari yang tidak diketahui di bulan Juli 1947, balon Project Mogul diklaim jatuh di gurun dekat Roswell, New Mexico. Benda tersebut adalah bagian dari proyek rahasia Angkatan Udara Amerika Serikat.

Puing-puing balon tersebut kemudian ditemukan oleh William Brazel, tetapi kabarnya kenyataan di lapangan ditutup-tutupi di lokasi lahan perternakan tersebut. Pemerintah Amerika mengklaim benda yang jatuh hanyalah 'weather balloon' atau balon udara.




Kegaduhan berangsur hilang. Tetapi bertahun-tahun kemudian banyak yang percaya ada berbagai bukti bahwa memang ada sesuatu yang aneh sehingga menimbulkan dasar-dasar teori konspirasi -- mengenai alien di Roswell.

Kini Roswell populer di kalangan penggila teori konspirasi terkait alien dan UFO. Film-film terkait itu, seperti The X-Files, pun lazim menyebut-nyebut Roswell.

UFO di masa kini

Salah satu kejadian ramai mengenai dugaan penampakan UFO oleh pilot Angkatan Laut AS terjaddi antara musim panas 2014 dan musim semi 2015. Lantas apa pernyataan resmi pemerintah setempat?

"Angkatan Laut tidak berpikir bahwa alien telah terbang di wilayah udara AS," kata seorang pejabat Angkatan Laut kepada CNN.

"(Akan tetapi) ada sejumlah laporan tentang pesawat yang tidak legal dan / atau tidak dikenal memasuki beberapa wilayah yang dikendalikan militer dan ruang udara yang ditandai dalam beberapa tahun terakhir," sambung orang itu.







Simak Video "Ini Alasan Mengapa UFO Disebut Kendaraan Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT