Selasa, 25 Jun 2019 14:16 WIB

Elon Musk, Kapan Tiket ke Mars Bisa Dipesan?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Starship. Foto: Twitter/b0yle Starship. Foto: Twitter/b0yle
Jakarta - Secara perlahan tapi pasti, Founder dan CEO SpaceX Elon Musk, terus mencari cara misi berawak ke Mars dapat diwujudkan di masa mendatang. Musk pun menjanjikan kalau setiap orang bisa memesan tiket pergi ke Planet Merah.

Starship, sebuah roket yang dirancang untuk mengangkut manusia ke Mars makin dipercepat pengembangannya oleh SpaceX. Musk mengatakan hal ini untuk membangun yang di mana ia menyebutnya "Martian Technocracy".




Bahkan orang-orang dapat mulai memesan kursi ke Mars setelah Starship selesai kembali dari orbit pertamanya di sekitar Bumi. Pernyataan itu terucap ketika ada seseorang menanyakan, "apakah kita bisa memesan kursinya?".

"Setelah Startship kembali dari orbit," jawab Musk dalam cuitannya itu.

Musk sendiri tidak menjawab waktu pemesanan tersebut. Namun sebelumnya, Musk pernah mengatakan kalau Starship punya peluang 60% untuk meluncur ke orbit pada tahun 2020. Disampaikannya, setelah itu, ia ingin meluncurkan misi kargo menuju Mars pada tahun 2022 dan misi berawak dua tahun kemudian.




Starship adalah roket bernilai miliaran dollar. Wahana setinggi sekitar 180 kaki itu dapat membawa manusia ke Bulan sampai Mars. Begitu juga meluncurkan satelit ke orbit.

Starship merupakan bagian dari sistem Big Falcon Rocket yang sepenuhnya dapat digunakan kembali, termasuk mencakup booster yang disebut Super Heavy. Saat ini, SpaceX tengah menguji konsep dan mesin Starship yang dilakukan di fasilitas milik SpaceX di Boca Chica, Texas, AS.


Simak Juga "Elon Musk Yakin Manusia Bisa Segera Pindah ke Mars":

[Gambas:Video 20detik]

(agt/krs)