Selasa, 28 Mei 2019 15:11 WIB

Donald Trump: Kami Segera ke Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Donald Trump di Jepang. Foto: REUTERS/Issei Kato Donald Trump di Jepang. Foto: REUTERS/Issei Kato
Tokyo - Presiden Amerika Serikat Donald Trump sesumbar negaranya akan segera menyambangi planet Mars. Hal itu ia katakan dalam kunjungannya ke Jepang.

"Saya senang untuk mengonfirmasi bahwa Perdana Menteri Abe dan saya telah setuju untuk mengembangkan kerja sama negara kita secara luas dalam eksplorasi manusia ke antariksa," kata Trump.

"Jepang akan bergabung dengan misi kami untuk mengirimkan astronot AS ke luar angkasa," tambah dia yang dikutip detikINET dari Fox News.

"Kita akan pergi ke Bulan. Kita akan segera pergi ke Mars. Sungguh sangat menarik. Dan dari sudut pandang militer, tidak ada yang lebih penting saat ini dibandingkan antariksa," papar Trump.




Dia tidak menyediakan informasi lebih lanjut. Tapi awal tahun ini, NASA memang sudah mencanangkan ambisi menaklukkan Mars. "Bulan menyediakan landasan, Mars adalah tujuannya," kata administrator NASA, Jim Bridenstine.

NASA juga telah diminta mempercepat misi pendaratan ke Bulan dari awalnya tahun 2028 menjadi tahun 2024. Trump sendiri agaknya mendukung penuh misi NASA untuk kembali menguasai antariksa.

Belum lama ini, dia menambah anggaran NASA sebesar USD 1,6 miliar atau di kisaran Rp 23 triliun di tahun fiskal 2020. Sebelumnya, NASA sudah disetujui memperoleh alokasi dana USD 21 miliar.

"Di bawah pemerintahan saya, kita mengembalikan NASA pada kejayaan dan kita akan kembali ke Bulan, kemudian Mars. Saya memperbaharui budget untuk memasukkan tambahan USD 1,6 miliar sehingga kita bisa kembali ke angkasa dalam cara besar," tulis Trump di Twitter.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed