Senin, 27 Mei 2019 21:05 WIB

Astronot Jepret Foto Menakjubkan Bumi Siang Bertemu Malam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pemandangan siang bertemu malam di Bumi. Foto: NASA Pemandangan siang bertemu malam di Bumi. Foto: NASA
Jakarta - Bermarkas di stasiun luar angkasa internasional (International Space Station/ISS), astronot kerap merekam pemandangan menakjubkan planet Bumi. Termasuk foto terbaru ini yang memperlihatkan sebagian Bumi malam hari dengan siang hari.

Foto itu dijepret oleh astronot NASA, Christina Koch, pada 20 Mei dari salah satu jendela di ISS. "Beberapa kali dalam setahun, orbit ISS sejajar dengan garis bayangan Bumi siang dan malam," tulisnya di Twitter.

ISS mengorbit di ketinggian sekitar 354 kilometer di atas permukaan Bumi dan menyelesaikan satu perjalanan keliling Bumi setiap 92 menit. Astronot pun bisa melihat 15 sampai 16 kali matahari terbit dan tenggelam setiap harinya.




"Dari sini, kami memiliki pemandangan yang mengagumkan dari planet rumah kita, Bumi," tulis Koch yang rencananya akan berada di ISS selama 328 hari.

"Melihat pemandangan luar dari jendela ISS adalah pengalaman yang menginspirasi. Sungguh bikin fokus tentang bagaimana pentingnya untuk menjaga planet yang kita miliki ini," tambah dia.

Dikutip detikINET dari Space.com, Koch rencananya baru akan kembali mendarat ke Bumi pada tahun 2020. Ia berpotensi menjadi astronot wanita terlama yang berada di luar angkasa.

Rekor sebelumnya dipegang atas nama Peggy Whitson yang berada di ISS selama 288 hari. Bersama astronot lainnya dalam misi bernama Expedition 59, Koch mengadakan 250 penelitian ilmiah di ISS.


(fyk/krs)