Kamis, 23 Mei 2019 19:03 WIB

NASA Bagi-bagi 'Tiket Gratis' ke Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: NASA/JPL-Caltech Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta - NASA mungkin masih membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengirim astronot menuju planet Mars. Tapi kalian tidak perlu menunggu lama atau berlatih keras supaya bisa jadi astronot untuk bisa mendapatkan 'tiket' ke Mars.

Badan antariksa AS ini mengajak semua orang di seluruh dunia untuk mendaftarkan nama mereka untuk diterbangkan ke Mars menggunakan robot penjelajah Mars 2020. Misi ini akan diluncurkan pada musim panas tahun 2020 dan mendarat di planet Merah pada bulan Februari 2021.

"Sembari kami bersiap untuk meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini," kata Associate Administrator Science Mission Directorate NASA, Thomas Zurbuchen seperti dikutip detikINET dari Space, Kamis (23/5/2019).



Untuk mengirimkan nama kalian menuju Mars caranya cukup mengisi form sederhana sebelum tanggal 30 September. Setelah itu, kalian akan mendapatkan suvenir tiket yang bisa dipamerkan dan juga poin 'frequent flyer' hingga ratusan juta kilometer.

Nantinya nama kalian akan ditulis menggunakan sinar elektron di atas mikrochip. Nama kalian akan ditulis dengan ukuran yang sangat kecil sehingga satu mikrochip mampu menampung satu juta nama.

NASA sepertinya akan membutuhkan lebih dari satu mikrochip untuk memenuhi permintaan yang membludak. Untuk misi robot InSight yang mendarat di bulan pada bulan November lalu, NASA juga mengadakan program serupa yang berhasil mengumpulkan lebih dari dua juta nama.



Mars 2020 akan mendarat di dalam kawah Jezero yang memiliki lebar sekitar 45 kilometer. Kawah ini dulunya sempat menjadi lokasi delta sungai. Robot penjelajah ini memiliki misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan, mencari ciri geologi area tersebut, mencari es air yang terkubur dan berbagai pekerjaan lainnya.


Tonton video: Namamu Bisa Diterbangkan ke Mars oleh NASA, Begini Caranya!

[Gambas:Video 20detik]


(vim/fyk)