Selasa, 14 Mei 2019 04:20 WIB

Elon Musk Pamer 60 Satelit Internet Starlink yang Siap Meluncur

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - CEO SpaceX Elon Musk baru saja memamerkan 60 satelit internet milik proyek Starlink yang telah "dikemas" dalam fairing atau hidung roket Falcon 9. Kumpulan satelit ini siap diluncurkan dalam beberapa hari dan merupakan tahap pertama dalam proyek tersebut.

Dilansir detikINET dari Mashable, dalam foto yang dibagikan oleh Musk lewat akun Twitter-nya, fairing berisi satelit ini sama dengan yang digunakan untuk meluncurkan mobil Tesla Roadster ke angkasa.




Fairing yang mengangkut satelit internet terlihat lebih penuh dibandingkan ketika mengangkut Roadster yang hanya duduk di dasar fairing.


Dalam utas cuitannya, Musk mengatakan bahwa satelit ini paling cepat akan diluncurkan pada tanggal 15 Mei mendatang dari pusat peluncuran di Cape Canaveral, Florida, AS. Ia menambahkan bahwa ada kemungkinan misi ini akan menghadapi isu karena ini merupakan peluncuran pertama sejak uji coba Starlink terakhir pada awal tahun 2018.

60 satelit yang akan diluncurkan ini merupakan bentuk 'desain produksi' yang berbeda dengan dua satelit uji coba bernama Tin Tin yang diluncurkan tahun lalu. Tapi Presiden dan COO SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan satelit ini masih belum memiliki fitur yang dibutuhkan untuk konstelasi final.

Untuk bisa menyediakan internet broadband dalam skala kecil, SpaceX harus melakukan enam peluncuran lagi, sedangkan untuk menyediakan internet dengan skala sedang, mereka harus melakukan 12 peluncuran lagi.




Shotwell mengatakan bahwa SpaceX bisa meluncurkan dua hingga 6 misi Starlink tahun ini. Tapi ini semua bergantung pada bagaimana misi peluncuran perdana ini berjalan.

Pun begitu, perjalanan SpaceX untuk menyelesaikan proyek Starlink masih panjang. Mereka telah merencanakan untuk meluncurkan sekitar 12.000 satelit menuju orbit rendah di mana satelit-satelit ini akan terbagi dalam tiga kluster yang mengelilingi Bumi.


(vim/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com