Buku Manual Misi Apollo 11 Mau Dilelang, Berapa Ya Harganya?

Buku Manual Misi Apollo 11 Mau Dilelang, Berapa Ya Harganya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Mei 2019 05:21 WIB
Foto: NASA/Liaison
Jakarta - Buku manual yang menjadi pedoman misi pendaratan Apollo 11 di Bulan akan dilelang oleh balai lelang Christie's. Buku yang membantu astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin untuk mendarat di Bulan ini dilelang dalam rangka merayakan peringatan 50 tahun misi Apollo 11.

Buku yang dinamai Apollo 11 Lunar Module Timeline Book ini menjabarkan semua perjalanan modul lunar tersebut. Mulai dari inspeksi, pemisahan, turun menuju permukaan Bulan, naik kembali hingga pertemuan dengan astronot Michael Collins di atas Command Module yang berada di orbit.

"Apollo 11 Lunar Module Timeline Book merupakan salah satu buku manual paling penting yang digunakan untuk mencapai tujuan pendaratan seorang pria di Bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke Bumi," tulis deskripsi Christie's seperti dikutip detikINET dari CNET.




Menariknya, buku ini berada di tengah Armstrong dan Aldrin selama proses perjalanan modul lunar tersebut. Termasuk di dalamnya 150 catatan dan tanda centang yang dibuat oleh kedua astronot.

Buku Manual Misi Apollo 11 Akan DilelangFoto: Christie's


Tidak hanya itu, sesampainya di permukaan Bulan, Aldrin langsung menuliskan koordinat mereka di Sea of Tranquility di halaman 10 buku tersebut. Itu merupakan tulisan pertama yang dibuat oleh manusia di benda angkasa selain Bumi.

Buku manual ini akan dilelang pada tanggal 18 Juli mendatang di New York. Diperkirakan buku ini akan terjual dengan harga USD 7-9 juta atau sekitar Rp 100-129 miliar.


(vim/krs)