Jumat, 03 Mei 2019 19:21 WIB

Yuk Lihat Pemandangan Matahari Terbit dan Tenggelam di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Matahari terbit di Mars. Foto: NASA Matahari terbit di Mars. Foto: NASA
Jakarta - Bagaimana suasana Matahari terbit dan terbenam di planet Mars? Pemandangan langka itu terekam oleh robot NASA yang saat ini tengah menjelajahi planet Merah itu, InSight.

InSight menjepret Matahari muncul dan tenggelam pada minggu lalu. Sebenarnya bukan sesuatu yang baru karena rover NASA sebelumnya seperti Spirit, Opportunity dan Curiosity juga melakukannya.

"Ini adalah tradisi misi di Mars untuk menangkap matahari terbit dan terbenam. Dengan sudah lengkapnya tugas menjepret gambar, kami memutuskan untuk merekam peristiwa itu yang seperti terlihat dari dunia lain," ujar Justin Maki, InSight Science Team Co-investigator.




Dikutip detikINET dari Space.com, foto diambil dengan kamera yang berada di lengan robotik InSight. Matahari terbit direkam pada pukul 5.30 pagi waktu Mars dan Matahari tenggelam sekitar 13 jam kemudian.

Pemandangan Indah Matahari Terbit dan Tenggelam di MarsMatahari terbenam di Mars. Foto: NASA

NASA memajang baik foto raw maupun versi yang warnanya sudah dikoreksi dengan tampilan menyesuaikan apa yang dilihat mata manusia jika langsung berada di sana.

Hal yang menarik adalah Matahari terlihat lebih kecil dibandingkan yang terlihat di Bumi. Ini wajar saja mengingat jarak antara Mars dan Matahari lebih jauh ketimbang Matahari dengan Bumi.

InSight sendiri mendarat di permukaan planet Mars pada bulan November 2018 silam. Misi senilai USD 800 juta ini bertujuan mempelajari struktur dan komposisi planet Mars.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed