Senin, 29 Apr 2019 20:20 WIB

NASA Latihan Hadapi Jatuhnya Asteroid yang Ancam Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: NASA Ilustrasi. Foto: NASA
Jakarta - Tumbukan asteroid ke Bumi bisa membawa dampak merusak yang luar biasa, seperti yang terjadi di masa silam. Maka lembaga antariksa NASA bekerjasama dengan organisasi sejenis melakukan simulasi untuk menghadapinya.

Dikutip detikINET dari Tech Crunch, NASA bersama National Aeronautics and Space Administration, Federal Emergency Management Agency dan mitra internasional seperti European Space Agency, berpartisipasi dalam latihan tesebut.

Intinya, akan ada simulasi skenario bagaimana respons terbaik yang harus dilakukan jika ada asteroid dengan jalur menuju permukaan Bumi. Sebenarnya selama 20 tahun terakhir, NASA dan mitranya selalu melakukan pengamatan soal astreoid yang berpotensi mengancam.




Dalam diskusi, akan dibicarakan rencana manajemen bencana dan aspek lain. "Latihan ini membantu kami di komunitas pertahanan planet memahami apa yang perlu diketahui para kolega di bidang manajemen bencana. Membantu mengembangkan komunikasi efektif," kata Lindley Johnson dari NASA.

Ceritanya, teridentifikasi sebuah obyek asteroid yang diyakini membahayakan Bumi. Ilmuwan memprediksi asteroid itu punya peluang besar menerjang planet ini pada tahun 2027.

Partisipan kemudian akan mendiskusikan persiapan yang harus dilakukan untuk mencegah bahaya dan juga mengantisipasi kemungkinan terburuk. Ini bukan kali pertama NASA melakukan latihan semacam itu. Mereka sudah menggelarnya sebanyak 6 kali.

"Apa yang perlu diketahui manajer darurat adalah kapan, di mana dan bagaimana asteroid akan menabrak serta tipe dan separah apa kerusakan yang dapat muncul," ujar Leviticus Lewis dari FEMA.

Seperti di film fiksi ilmiah, hantaman asteroid bisa mengakibatkan dampak hebat di Bumi. Bahkan di masa silam, dinosaurus pun punah diduga karena perubahan iklim yang disebabkan tubrukan asteroid.


(fyk/mon)