Minggu, 28 Apr 2019 11:57 WIB

Begini Hasil Ledakan di Asteroid yang Dibuat Wahana Antariksa Jepang

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Asteroid Ryugu yang jadi sasaran ledakan wahana antariksa milik Jepang, Hayabusa 2. Foto: Twitter/haya2e_jaxa Asteroid Ryugu yang jadi sasaran ledakan wahana antariksa milik Jepang, Hayabusa 2. Foto: Twitter/haya2e_jaxa
Jakarta - Pada awal bulan ini, badan antariksa Jepang (JAXA) dilaporkan sukses membuat ledakan pada asteroid bernama Ryugu. Melalui wahana antariksa bernama Hayabusa 2, ia melontarkan peledak tembaga seukuran bola bisbol ke objek luar angkasa tersebut.

Kini, mereka membagikan informasi terbaru mengenai kegiatan yang bertujuan untuk mengambil sampel asteroid tersebut. Hal ini diketahui dari akun Twitter milik Hayabusa 2.


Yang pertama adalah momen saat peledak tembaga seberat 2 kilogram dijatuhkan ke permukaan Ryugu. Sedangkan yang kedua adalah kawah bekas ledakan yang dihasilkan oleh bom tersebut.





Belum diketahui seberapa luas dan dalam kawah yang dihasilkan. Meski demikian, akun Twitter tersebut mengatakan daerah selebar 20 meter telah terdampak oleh ledakan tersebut.


Perbandingan permukaan Ryugu sebelum (kiri) dan setelah (kanan) diledakkan oleh Hayabusa 2.Perbandingan permukaan Ryugu sebelum (kiri) dan setelah (kanan) diledakkan oleh Hayabusa 2. Foto: dok. JAXA

Menarik untuk ditunggu saat Hayabusa 2 kembali lagi ke Ryugu untuk mengambil puing dan debu-debuan hasil ledakan dalam mengobservasi permukaan asteroid tersebut. Tak cuma itu, ia juga bakal mengkoleksi sampel dari dalam tanah yang belum terekspos oleh Matahari atau radiasi dari objek luar angkasa lainnya.

Ryugu sendiri diperkirakan mengandung bahan-bahan organik dan air dari peristiwa terbentuknya sistem Tata Surya 4,6 miliar tahun yang lalu. Jumlah yang terkandung di dalamnya pun juga sepertinya bakal besar.


Begini Hasil Ledakan di Asteroid yang Dibuat Wahana Antariksa Jepang
(mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed