Jumat, 26 Apr 2019 12:47 WIB

Potret Nebula Karya Nenek-nenek Menangi Kompetisi NASA

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jean Dean. Foto: Yahoo News Jean Dean. Foto: Yahoo News
Jakarta - Seorang nenek berusia 60 tahun memenangi kompetisi fotografi yang diselenggarakan lembaga antariksa NASA. Foto itu ia jepret di halaman belakang rumahnya.

Jean Dean, demikian namanya, adalah astronom amatir yang tinggal di Guernsey, Inggris. Ia mendaftarkan foto untuk kontes Astronomy Picture Of The Day di website NASA. Beberapa jam kemudian, ia kaget karena dinyatakan sebagai pemenang.

Fotonya itu mengabadikan Rosetta Nebula, salah satu pemandangan di luar angkasa yang menakjubkan, dengan pola menarik dan warna kemerahan.




Nebula merupakan awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma, dengan jarak sekitar 5.000 tahun cahaya dari Bumi. Untuk memotretnya, kamera ditinggalkan di halaman belakang rumah Jean selama 5 malam saat terjadinya stargazing.

"Sebagai seorang amatir, punya foto yang dipilih Astronomy Picture of the Day adalah kehormatan besar dan kejutan," sebut Jean yang dikutip detikINET dari Yahoo News.
Potret Nebula Karya Nenek-nenek Menangi Kompetisi NASARosette Nebula. Foto: Yahoo News


"Orang-orang sering berpikir bahwa ruang antar Bintang itu kosong. Faktanya ada awan besar dan sangat padat dari material seperti gas hidrogen dan debu antar Bintang," papar Jean.

Jean merasa beruntung tinggal di Guernsey karena langitnya sangat gelap di beberapa area serta bebas dari polusi cahaya. Sehingga lebih mudah untuk observasi bintang.

Kumpulan Bintang yang membentuk nebula bisa dilihat dengan teropong atau teleskop kecil di langit malam yang cerah dan bersih. Namun warna kemerahannya tidak dapat dilihat secara natural dan memerlukan teknik fotografi khusus.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed