Jumat, 26 Apr 2019 12:00 WIB

RIP Pikachu, Abu Kremasinya Akan Disebar di Luar Angkasa

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: dok. GoFundMe Foto: dok. GoFundMe
Jakarta - Seorang penyayang binatang akan membuat pemakaman bersejarah nan istimewa buat hewan kesayangannya. Luar angkasa, tepatnya di orbit Bumi, menjadi tempatnya.

Steve Munt, demikian nama si penyayang hewan yang juga penggila antariksa. Pikachu adalah nama hewan peliharaannya -- bukan yang muncul di Pokemon melainkan seekor kucing.

"Pikachu akan mendapat perpisahan terakhir yang belum pernah didapatkan seekor kucing," tulis Steve Munt di laman GoFundMe yang dibuat untuk menggalang dana buat mengirim abu kremasi Pikachu ke luar angkasa, seperti dikutip Space.com.




Hal itu akan terwujud lewat sebuah perusahaan bernama Celestis, yang memang menawarkan program "pemakaman luar angkasa" -- walaupun sejatinya buat manusia.

Munt mengatakan, abu kremasi Pikachu nantinya akan dikirim ke luar angkasa dengan sebuah satelit dalam sebuah acara peluncuran yang diagendakan terjadi pada kurun waktu 18 bulan ke depan.

Penggalangan dana untuk mengirim abu kremasi Pikachu mengangkasa sudah dilakukan Munt sejak dua bulan lalu di GoFundMe. Sampai dengan 25 April, ia sudah mengumpulkan USD 1.535 dari target USD 5.000.




Jumlah itu sendiri merupakan biaya jasa Celestis untuk "layanan pemakaman hewan peliharaan di orbit Bumi". Celestis menyebutkan, abu kremasi Pikachu akan ditempatkan di orbit Bumi untuk kemudian memasuki atmosfer dan perlahan sirna bagaikan bintang jatuh.

Saat ini Munt juga sudah mengamankan tiket pemakaman istimewa itu buat Pikachu, walaupun donasi yang terkumpul di GoFundMe belum memenuhi target. Kontrak layanan dan biaya pun sudah dilunasinya.

"Aku memang masih terus menerima donasi untuk pihak yang ingin ambil bagian dari peristiwa ini, tapi buatku pengumpulan dana bukanlah tujuan utama. Impianku sedang jadi nyata, terlepas dari jumlah donasinya, dan aku kini sudah menantikan jatah slot yang terbuka untuk peluncuran mendatang," tuturnya.


(krs/jsn)