Kamis, 04 Apr 2019 18:07 WIB

SpaceX Sukses Uji Coba Calon Roket Pengantar Manusia ke Mars

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Prototipe Starship ketika menjalani tes pembakaran. Foto: Istimewa Prototipe Starship ketika menjalani tes pembakaran. Foto: Istimewa
Jakarta - Calon roket terkuat di dunia buatan SpaceX yang bakal antarkan manusia ke Mars, yaitu Starship, akhirnya sukses menjalani uji coba pembakaran perdananya. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pendiri perusahaan antariksa tersebut, Elon Musk.

"Starhopper telah menuntaskan lompatan terikatnya. Seluruh sistem berstatus hijau (baik)," tulisnya melalui akun Twitter resminya.




Starhopper yang dimaksudnya adalah versi prototipe dari Starship. Sedangkan lompatan terikat itu berarti para teknisi SpaceX menjaganya tetap di permukaan merujuk pada kemungkinannya 'melompat' akibat dari energi yang dihasilkan oleh mesinnya.




Sekadar info, mesin yang digunakan oleh prototipe Starship ini bernama Raptop. Ia dapat menghasilkan daya dorong sebesar 200 ton, atau sekitar 1.962 kilonewton. Angka tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan mesin Merlin milik SpaceX untuk roket Falcon 9 hanya memiliki daya dorong 845 kilonewton.

Kicauan itu sendiri merupakan bentuk balasan pria berjuluk Iron Man terhadap cuitan warganet yang menyaksikan uji coba pembakaran tersebut. Di media sosial besutan Jack Dorsey pun sudah terdapat beberapa akun yang membagikan rekaman tes terhadap prototipe roket tersebut.

Uji coba ini merupakan tes pembakaran perdana yang dilakukan oleh Starship, atau Starhopper. Peristiwa tersebut berlangsung di fasilitas milik SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat.

Nantinya, dengan 31 mesin Raptor yang akan dimilikinya, Starship diproyeksikan bakal mencapai Bulan 'secepat mungkin. Begitu Elon menjelaskan kemampuan mesin tersebut beberapa waktu lalu.




Lebih lanjut, Starship dijadwalkan bakal menjalani misi ke Mars pada 2022 mendatang untuk membawa kargo ke Planet Merah tersebut. Kemudian, pada 2024, ia akan kembali lagi ke sana untuk membawa muatan tambahan, dengan misi kali ini akan menyertakan kru pesawat di dalamnya.

Di samping itu, Starship juga bakal menyambangi Bulan pada 2023. Ia akan mengantarkan Yusaku Maezawa, miliarder asal Jepang, untuk melakukan wisata ke satelit alami Bumi itu.

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed