Jumat, 29 Mar 2019 16:07 WIB

Helikopter NASA Siap Terbang di Planet Merah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. NASA Foto: Dok. NASA
Jakarta - Setelah melewati berbagai pengujian di Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik NASA, Mars Helicopter besutan NASA dipastikan sudah siap untuk mengudara di Planet Merah.

"Penerbangan kami yang selanjutnya, kami akan terbang di Mars," ujar MiMi Aung, project manager Mars Helicopter dalam keterangan persnya.

Proyek helikopter ini didesain untuk mendemonstrasikan teknologi yang menunjukkan bagaimana pesawat buatan manusia tetap bisa terbang di planet selain bumi. NASA sendiri saat ini baru pernah mengeksplorasi Mars menggunakan kendaraan darat, seperti Spirit, Opportunity, dan Terakhir Curiosity.

Jadi saat nanti Mars Helicopter sudah mengudara di Mars, hal itu akan membuka pandangan baru terhadap Planet Merah tersebut, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (29/3/2019).




Namun prosesnya tentu tak semudah itu, bahkan untuk mencapai Mars pun adalah hal yang sulit karena jaraknya yang sangat jauh, yaitu 55 sampai 400 juta km. Ditambah lagi atmosfir Mars yang sangat tipis, serta suhunya yang bisa mencapai titik beku, diperkirakan bisa merusak perangkat elektronik yang sensitif.

Untuk itulah NASA melakukan serangkaian pengujian ketat agar Mars Helicopter bisa berfungsi sempurna di planet tersebut.

Saat nanti Mars Helicopter diterbangkan di Mars, pada suatu saat ia juga akan mendarat di planet tersebut. Saat mendarat itu, ia akan mengumpulkan data-data penerbangan yang akan digunakan untuk meningkatkan performa penerbangan selanjutnya.

"Persiapan untuk terbang perdana di Mars adalah terbang selama 75 menit dengan pesawat uji coba, yang sangat mirip dengan helikopter kami," ujar Aung.

Dalam Space Simulator milik JPL, ada ruangan kedap udara yang lebarnya setengah dari sebuah bis sekolah. Dalam ruangan itu, tim pembuatnya menciptakan kondisi yang menyerupai atmosfir Mars, lalu memasukkan helikopter ke dalamnya.




Mereka juga membuat gravitasi buatan yang mirip dengan gravitasi di Mars agar helikopter itu bisa diuji dalam kondisi yang menyerupai kondisi di Mars.

Dalam uji penerbangan itu, helikopter hanya bisa mencapai ketinggian 5 cm dari permukaan. Namun memang hanya data itu yang diperlukan, yang menunjukkan kalau helikopter tersebut akan bisa terbang di Planet Merah. Lalu dalam pengujian kedua, helikopter itu mengapus selama satu menit.

Mars Helicopter akan diberangkatkan ke Mars pada 2020 mendatang, dan diperkirakan akan sampai pada Februari 2021.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed