Selasa, 19 Mar 2019 19:14 WIB

Jepang Rupanya Punya Rencana Bikin Ledakan di Asteroid

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Hayabusa2 milik Jepang ketika sampai di asteroid Ryugu. Foto: Twitter/haya2e_jaxa Hayabusa2 milik Jepang ketika sampai di asteroid Ryugu. Foto: Twitter/haya2e_jaxa
Jakarta - Setelah tahun lalu berhasil mencapai sebuah asteroid bernama Ryugu, kini wahana antariksa milik Jepang, Hayabusa2, mau bikin "keributan" di luar angkasa. Mereka berniat untuk membuat ledakan di sana.

Sebelumnya, mereka sempat menembakkan proyektil di dekat permukaan Ryugu untuk mengambil beberapa sampel. Wahana antariksanya pun berhasil mengumpulkannya dengan mengambil debu-debu yang beterbangan dari ledakan tersebut.




Walau demikian, mendapat sampel dari permukaan Ryugu masih bekum cukup bagi JAXA, badan antariksa Negeri Sakura. Mereka membutuhkan material yang berada di dalam asteroid tersebut.

Untuk bisa menembus permukaan Ryugu, Hayabusa2 tidak dibekali dengan alat penggali. Alat peledak jadi senjata mereka untuk bisa mengambil material di dalam asteroid tersebut, sebagaimana detikINET kutip dari BGR, Selasa (19/3/2019)

Nantinya, Hayabusa2 akan melepaskan semacam penumbuk berisi proyektik dan alat peledak. Setelah dilepas, ia akan meluncur ke permukaan asteroid dan meledak untuk menghasilkan kawah besar di sana.




Kawah yang dihasilkan rencananya bakal sedalam 1 meter dan memiliki diameter 10 meter. Dari situ, Hayabusa2 akan mengambil sampel dari dalam permukaan Ryugu.

Wahana antariksa tersebut dijadwalkan untuk melepas penumbuknya pada 5 April mendatang. Lalu, paling tidak butuh dua minggu bagi Hayabusa2 untuk bisa mendapat akses yang steril terhadap kawah setelah kawasan tersebut bersih dari debu-debu pasca ledakan.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed