Rabu, 13 Mar 2019 22:00 WIB

Begini Wujud Koin Stephen Hawking yang Dijual Jutaan Rupiah

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Koin 50p edisi khusus Stephen Hawking. Foto: Royal Mint Koin 50p edisi khusus Stephen Hawking. Foto: Royal Mint
Jakarta - Baru-baru ini, dikabarkan bahwa Stephen Hawking akan diabadikan menjadi koin 50p di Inggris. Kini, wujud nyata dari koin tersebut pun sudah tersebar di dunia maya.

Royal mint, percetakan uang koin milik pemerintah Britania Raya, secara resmi mengunggah gambar koin 50p edisi Stephen Hawking di situs dan media sosial resminya. Menariknya, bukan wajah dari ilmuwan legendaris tersebut yang terpampang.


Koin 50p di Britania Raya edisi khusus untuk memeringati Stephen Hawking.Koin 50p di Britania Raya edisi khusus untuk memeringati Stephen Hawking. Foto: Royal Mint

Ada tiga hal yang terpampang di sisi kepala koin tersebut. Ketiganya adalah nama Stephen Hawking, gambar lubang hitam, serta rumus radiasi Hawking.

Rumus itu sendiri menyatakan bahwa lubang hitam tidak diam saja namun memancarkan radiasi. Sedangkan di sisi belakang ada gambar Ratu Elizabeth sebagaimana koin poundsterling biasa.

Terkait dengan desain koin tersebut, Edwina Ellis selaku desainer mengatakan bahwa ia memang ingin lubang hitam itu ikut terpampang. Hal ini lantaran Hawking sudah membuat objek yang sulit tersebut bisa dijangkau oleh manusia.

"Stephen Hawking membuat objek yang sulit menjadi bisa diakses, menarik, dan memiliki hubungan, dan ini yang saya ingin hadirkan pada desain saya, yang terinspirasi dari kuliah yang diberikannya di Chili pada 2008," ujarnya dalam situs resmi Royal Mint.

Berdasarkan website resmi perusahaan percetakan koin itu, harga koin 50p edisi khusus Stephen Hawking itu dibanderol dengan nilai 10 poundsterling, atau sekitar Rp 186 ribu. Pengapalannya akan dimulai pada akhir April mendatang.

Royal Mint menegaskan bahwa ini merupakan koin edisi khusus. Jadi, jangan harap uang tersebut bisa menjadi kembalian ketika kamu berbelanja di INffris dan sekitarnya ya.


Selain itu, ada juga yang versi emasnya. Mengingat materialnya berbeda, harganya juga tentu ikut menyesuaikan. Harga koin tersebut akan menjadi 795 poundsterling, atau hampir Rp 15 juta, sebagaimana detikINET kutip dari BBC, Rabu (13/3/2019).

Hawking sendiri juga memiliki kesempatan untuk diabadikan pada uang kertas pecahan 50 poundsterling. Pengumuman apakah namanya akan terpilih atau tidak bakal dilakukan pada musim panas nanti. (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed