Minggu, 10 Mar 2019 20:07 WIB

Stephen Hawking Diabadikan Jadi Uang Koin Inggris

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Stephen Hawking. Foto: pool Stephen Hawking. Foto: pool
Jakarta - Setahun setelah kematiannya, Stephen Hawking akan diabadikan dalam bentuk uang koin nominal 50 pence di Britania Raya.

Royal Mint, percetakan uang koin yang disebarkan di tanah Britania, dilaporkan bakal menerbitkan alat pembayaran yang menampilkan wajah Hawking. Tampang dari fisikawan jenius tersebut akan terpampang satu sisi dan black hole atau lubang hitam di sisi lainnya.



Rencananya, koin tersebut akan mulai tersedia pada 12 Maret mendatang, sebagaimana detikINET kutip dari Cnet, Minggu (3/10/2019). Itu berarti dua hari sebelum peringatan satu tahun kematian ilmuwan legendaris tersebut, yang meninggal di usia 76 tahun pada 14 Maret 2018 lalu.

Hal ini membuat Hawking jadi ilmuwan pertama yang diabadikan dalam bentuk uang koin di Britania Raya pada kurun waktu setahun setelah kematiannya. Sedangkan secara keseluruhan, ia menjadi sosok ketiga yang mendapat kehormatan tersebut.

Stephen Hawking Diabadikan Jadi Uang Koin di InggrisFoto: Coin Hunter Limited


Sebelumnya, ada Winston Churchill dan Queen Mother (Ibu dari Ratu Elizabeth saat ini) yang diperlakukan serupa. Hal tersebut diungkap oleh situs kolektor koin Change Checker.

Walau belum ada informasi resmi mengenai bentuk uang koin tersebut, sebuah situs bernama Coin Hunter Limited menyebar sebuah mock-up dari alat pembayaran tersebut. Meski demikian, website tersebut mengatakan bentuk aslinya akan berbeda dari gambar yang ditampilkannya itu.



Selain itu, Hawking juga sedang dalam proses untuk bisa muncul di uang pecahan 50 pence. Apakah kamu berminat memiliki satu atau bahkan kedua uang edisi Stephen Hawking itu?


(agt/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed