Selasa, 12 Feb 2019 11:01 WIB

Mars One Bangkrut, Tamatlah Misinya Kolonisasi Planet Merah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: dok. Mars One Foto: dok. Mars One
Jakarta - Sekian tahun lalu Mars One bikin heboh dengan mencanangkan misi mengirim orang "pindahan" ke Planet Merah. Misi kolonisasi itu berakhir dengan kebangkrutan.

Menurut tulisan Jonathan O'Callaghan di Forbes, empat tahun lalu gembar-gembor Mars One dengan misinya mengirim orang untuk tinggal di Mars sanggup menarik perhatian media-media besar seperti The Washington Post, BBC, CNN, Fox News, dan lainnya.

Beranjak maju ke masa kini, merujuk pada informasi pengadilan kota Basel, Swiss yang dilansir surat kabar Landbote dan muncul pula di Reddit, Mars One Ventures dinyatakan bangkrut pada 15 Januari 2019. Dana yang tersisa dalam rekeningnya tak sampai USD 25 ribu. Perusahaan itu sudah dibubarkan alias tamat riwayatnya.




Disebutkan pula bahwa pada dasarnya dalam beberapa tahun terakhir ini Mars One relatif tak lagi banyak mengeluarkan informasi ini-itu. Padahal mereka kadung berencana meluncurkan misi robotika yang pertamanya pada tahun 2020.

"Mars One pertama muncul pada tahun 2012 dengan proposal yang langsung bikin kening mengernyit, yakni mengirim orang dalam misi sekali jalan ke Mars."

"Para pionir ini, yang dikirim dalam sebuah misi reguler, secara rutin akan mendapat kiriman suplai kargo dari Bumi dan akan menghabiskan sisa hidupnya di Planet Merah," lanjut artikel Forbes, mengenang pencanangan misi ambisius Mars One di masa lalu sebelum akhirnya kini dinyatakan bangkrut.





Simak juga video 'Tangkapan Suara dari Mars yang Bikin Merinding':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed