Kamis, 07 Feb 2019 06:00 WIB

Toilet Rp 265 Miliar Bocor, ISS Kebanjiran 10 Liter Air

Virgina Maulita Putri - detikInet
Stasiun luar angkasa ISS. Foto: BBC Magazine Stasiun luar angkasa ISS. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Media Rusia melaporkan bahwa toilet milik Amerika Serikat yang berada di International Space Station (ISS) bocor pada minggu lalu. Insiden ini menyebabkan 10 liter air tumpah dalam kondisi mikrogravitasi.

"Kolega kami di (modul Tranquility di ISS) mengalami insiden pada hari Jumat," kata seorang sumber kepada Sputnik International, seperti dikutip detikINET dari Geek.com, Kamis (7/2/2019).


"Lebih dari 10 liter air bocor sebelum masalah tersebut diperbaiki. Kru harus mengumpulkan air menggunakan handuk," sambungnya.

Insiden ini tentu merupakan masalah yang cukup serius, mengingat air merupakan kebutuhan penting bagi kru yang berada di ISS. Tiap kru ISS harus bisa menghemat air sebanyak mungkin, mereka pun hanya diberi jatah sekitar dua liter air per hari.

Toilet Rp 265 Miliar Bocor, ISS Kebanjiran 10 Liter AirToilet di ISS. Foto: NASA


Untungnya, toilet canggih seharga USD 19 juta (Rp 265 miliar) ini dapat digunakan untuk mendaur ulang urin menjadi air minum. Sekitar 80 hingga 85% urin dapat didaur ulang menjadi air minum, sehingga mereka bisa menambah jatah mereka dengan menggunakan air daur ulang ini.

Toilet yang bocor ini diantarkan menuju ISS pada tahun 2008 menggunakan pesawat ulang alik Endeavour. Toilet ini merupakan toilet pengganti setelah pendahulunya mengalami malfungsi.


Insiden ini terjadi hanya beberapa bulan setelah ditemukannya lubang di dinding modul Soyuz MS-09 yang sedang tertambat di ISS. Lubang ini sempat membuat kebocoran udara minor, tapi saat ini telah berhasil diperbaiki.




Tonton video 'Kini Bandara Sultan Hasanuddin Punya Toilet 3D!':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/afr)
iss

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed