Rabu, 06 Feb 2019 16:42 WIB

Elon Musk Pamer Mesin Roket Pengantar Manusia ke Mars

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Raptor, mesin anyar SpaceX yang akan dipasangkan di roket Starship. Foto: Twitter/elonmusk Raptor, mesin anyar SpaceX yang akan dipasangkan di roket Starship. Foto: Twitter/elonmusk
Jakarta - Elon Musk memamerkan kekuatan mesin yang akan digunakan oleh roket anyar SpaceX di masa depan. Bernama Raptor, mesin tersebut nantinya akan digunakan pada roket Starship milik perusahaan antariksa itu.

Pria kelahiran Pretoria, Afrika Selatan tersebut mengunggah gambar yang memperlihatkan Raptor sedang melakukan pengapian perdananya. Potret tersebut diperlihatkannya melalui akun Twitter miliknya.


"Pengapian pertama dari mesin Raptor untuk Starship! Sangat bangga terhadap kerja luar biasa oleh tim SpaceX," tulisnya.







Jika dilihat sekilas, api yang dihasilkan oleh Raptor tampak seperti Bifrost. Itu merupakan portal yang kerap digunakan Thor, salah satu komik buatan Marvel, untuk pergi ke planet asalnya, yaitu Asgard.

Lebih lanjut, pada kicauan sebelumnya, Elon mengatakan bahwa mesin Raptor dapat menghasilkan daya dorong sebesar 200 ton, atau sekitar 1.962 kilonewton. Angka tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan mesin Merlin milik SpaceX untuk roket Falcon 9 hanya memiliki daya dorong 845 kilonewton.

Nantinya, akan ada 31 mesin Raptor yang akan dipasangkan pada Starship. Elon mengatakan, pendorong tersebut akan membuat roketnya itu "sampai di Bulan secepat mungkin".


Lebih lanjut, Starship diproyeksikan bakal menjalani misi ke Mars pada 2022 mendatang untuk membawa kargo ke Planet Merah tersebut. Kemudian, pada 2024, ia akan kembali lagi ke sana untuk membawa muatan tambahan, dengan misi kali ini akan menyertakan kru pesawat di dalamnya.

Di samping itu, Starship juga bakal menyambangi Bulan pada 2023. Ia akan mengantarkan Yusaku Maezawa, miliarder asal Jepang, untuk melakukan wisata ke satelit alami Bumi itu.




Simak juga video 'Kalah Melawan SEC, Elon Musk Mundur dari Tesla':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed