Senin, 04 Feb 2019 17:00 WIB

Cari Kado Valentine Unik? Ada Meteorit Bentuk Hati Lho

Virgina Maulita Putri - detikInet
Meteorit bentuk hati, bisa jadi kado unik untuk hari Valentine. (Foto: dok. Christies) Meteorit bentuk hati, bisa jadi kado unik untuk hari Valentine. (Foto: dok. Christie's)
Jakarta - Kamu gemar menandai hari Valentine tanggal 14 Februari dengan memberi kado istimewa ke orang tersayang? Jika ya dan kamu tak mau memberi kado yang biasa-biasa saja, meteorit bentuk hati bisa jadi opsi.

Saking istimewanya, meteorit asal Rusia ini bahkan punya sebuah nama yakni "The Heart of Space". Meteorit itu akan mulai dilelang oleh balai lelang Christie's pada tanggal 6 hingga 14 Februari 2019.

Sesuai namanya dan tanggal lelangnya, meteorit ini memiliki bentuk seperti hati. Momen lelang itu pun tampak sengaja dipilih agar berdekatan dengan hari Valentine, agar yang membelinya nanti bisa menjadikannya sebagai sebuah kado istimewa.




Dilansir detikINET dari CNN, meteorit ini memiliki bobot sekitar 10 kilogram dan sisi terpanjangnya berukuran 22 sentimeter. Meteorit ini merupakan bagian dari satu unit besi yang memasuki atmosfer Bumi pada tanggal 12 Februari 1947. Ketika memasuki atmosfer Bumi, unit tersebut pecah menjadi meteorit-meteorit kecil yang melintasi pegunungan Sikhote-Alin di Siberia.

Tidak semua pecahan meteorit tersebut memiliki bentuk yang unik seperti The Heart of Space. Christie's menyebut bahwa meteorit ini mungkin pecah di ketinggian yang lebih tinggi sehingga memiliki bentuk yang lebih aerodinamis.




Permukaan The Heart of Space juga dipenuhi oleh lekukan-lekukan yang disebut regmaglypts. Lekukan ini lah yang juga menyebabkan tingginya nilai The Heart of Space.

Buat yang mau menjadikan meteorit itu jadi kado unik buat orang tersayang, dana yang harus disiapkan tentunya juga "istimewa" pula. Christie's memperkirakan meteorit ini akan terjual dengan harga USD 300-500 ribu (Rp 4,2-7 miliar).


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed