Jumat, 25 Jan 2019 13:20 WIB

Ultah Menyedihkan Robot Opportunity di Planet Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi robot Opportunity di planet Mars. Foto: NASA Ilustrasi robot Opportunity di planet Mars. Foto: NASA
Jakarta - Kendaraan robot Opportunity mendarat di planet Mars pada 24 Januari 2004. Berarti saat ini, si robot merayakan ulang tahun ke-15 di planet Merah tersebut. Sayang, ia tengah berada dalam kondisi menyedihkan.

Bertahun-tahun berada di Mars, Opportunity begitu tangguh menjelajahi planet itu untuk melakukan penelitian. Total, ia sudah menempuh jarak 45 kilometer. Namun pada Juni tahun 2018, terjadilah badai debu yang hebat di sana yang menyelimuti atmosfer.

Akibatnya, kendaraan beroda 6 itu tidak menerima sinar matahari sebagai sumber tenaganya dan sampai saat ini belum dapat beroperasi kembali. Pihak NASA selaku pemiliknya sampai sekarang terus mengirimkan sinyal agar Opportunity dapat merespons, tapi hasilnya masih sia-sia.




"15 tahun di Mars tidak hanya bukti ketangguhannya tapi juga karena dedikasi tim berbakat di belakangnya yang memungkinkan kita meneliti planet merah," kata John Callas, Project Manager Opportunity yang dikutip detikINET dari Daily Mail.

"Akan tetapi perayaan ulang tahun ini sedikit pahit karena kami tidak tahu status rover ini. Kami telah melakukan segalanya untuk berkomunikasi dengan Opportunity, namun seiring waktu berjalan, kemungkinan kontak akan sukses terus menurun," papar dia.




Komunikasi terakhir Opportunity dengan Bumi adalah pada 10 Juni 2018. Setelahnya terjadilah badai debu tersebut dan sang robot tak bisa lagi mengisi dayanya.

Bagaimanapun, pencapaian Opportunity sudah sangat bagus karena awalnya hanya ditargetkan beroperasi 90 hari. Selama 15 tahun di Mars, ia antara lain menemukan beberapa tanda akan adanya air di sana.

NASA masih punya rover lain di Mars untuk melanjutkan penelitian. November lalu, badan antariksa Amerika Serikat ini sukses mendaratkan robot InSight untuk melakukan penelitian bagian dalam planet Merah tersebut.



Tonton juga video saat 'Robot InSight Mendarat di Planet Mars Gegerkan Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed