Selasa, 22 Jan 2019 18:00 WIB

Ada Hiu Purba yang Namanya Diambil dari Game Lawas Galaga

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Hiu purba Galagadon, yang namanya diambil dari game lawas Galaga. (Foto: Field Museum/Handout via REUTERS) Hiu purba Galagadon, yang namanya diambil dari game lawas Galaga. (Foto: Field Museum/Handout via REUTERS)
Jakarta -
Kamu beranggapan bahwa Megalodon merupakan nama yang paling keren untuk seekor hiu? Tunggu sampai kamu melihat nama yang satu ini: Galagadon nordquistae. Hewan tersebut diperkirakan hidup sekitar 67 juta tahun yang lalu, di kawasan yang sekarang menjadi South Dakota, Amerika Serikat.
Nama Galagadon diambil dari judul game bernama Galaga. Namco menjadi salah satu pengembang game yang lahir pada 1981 tersebut.
Lantas, apa hubungan seekor hiu purba dengan permainan tembak-menembak menggunakan pesawat luar angkasa itu? Ternyata gigi Galagadon dianggap mirip dengan kendaraan antariksa yang muncul pada game Galaga, sebagaimana detikINET kutip dari BBC, Selasa (22/1/2018).


Ada Hiu Purba yang Namanya Diambil dari Game LawasFoto: Field Museum/Handout via REUTERS


Gigi Galagadon ditemukan di dalam sedimen ketika para ahli paleontologi menemukan tulang belulang dari "Sue", yang disebut merupakan spesimen Tyrannosaurus Rex paling lengkap saat ini. Menariknya, Galagadon ini merupakan hiu yang berukuran mungil.
Panjang hewan ini berada di kisaran 30-45 cm. Hewan masa sekarang yang dianggap memiliki hubungan dengannya adalah hiu karpet. Mungilnya tubuh Galagadon juga berlaku untuk giginya yang panjangnya kurang dari 1 mm.
"Hiu ini punya gigi yang bagus untuk menangkap ikan kecil atau menghancurkan siput dan udang karang," ujar Terry Gates dari North Carolina State University, yang merupakan salah satu penulis laporan dari temuan ini.
Jadi, lebih keren Megalodon atau Galagadon? Mungkin hiu purba ini juga harus dibuatkan filmnya seperti nama yang pertama disebutkan.


(mon/krs)