Kamis, 29 Nov 2018 09:09 WIB

Laporan dari Melbourne

Menjajal Sensasi Menjelajah Luar Angkasa Lewat VR

Gibran Maulana Ibrahim - detikInet
Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET
Melbourne - Pernah membayangkan bagaimana rasanya berada dan berjalan di luar angkasa? Game virtual reality (VR) ciptaan salah satu startup asal Australia ini menawarkan sensasi menjelajahi luar angkasa.

Opaque Media Group, startup yang berkantor di Melbourne, Australia, menciptakan game berjudul Earthlight. Di seri Spacewalk, pemain akan mendapat pengalaman bagaimana rasanya menjadi penjelajah luar angkasa.




detikINET
bersama beberapa media lain yang diundang Kedubes Australia di Jakarta berkesepatan mengunjungi langsung studio Opaque. Kami disambut Manajer Studio Opaque Mitchell Manganaro.

Menjajal Sensasi Menjelajah Luar Angkasa Lewat VR Manajer studio Opaque Mitchell Manganaro. Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET


Mitchell awalnya mengenalkan sedikit sejarah mengenai Opaque. Seperti startup lainnya, Opaque merintis usaha mereka dari kecil.

"Dulu di studio ini 3 orang," ucap Mitchell. Kini, studio Opaque di Australia dihuni sekitar 10 orang. Opaque mempunyai cabang di beberapa negara seperti di Jerman, China, Amerika Serikat.

"Keseluruhan staf Opaque sekitar 20 orang," imbuhnya.

Kembali soal game menjelajah luar angkasa. Spacewalk merupakan game untuk PC yang dimainkan via VR.

Di game tersebut, player atau pemain akan melakukan banyak hal. Pertama-tama, player harus berjalan menuruni tangga pesawat luar angkasa, berjalan di ruang hampa, memotret benda-benda asing, memakai alat-alat seperti senter, naik-turun tangga dan sebagainya.

Menjajal Sensasi Menjelajah Luar Angkasa Lewat VR Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET


Dalam permainan, kita juga bisa melihat Bumi dari luar angkasa. Earthlight menawarkan pengalaman berbeda dari game-game VR lainnya. Aplikasi ini disebut mendapat perhatian dari NASA.

Spacewalk merupakan salah satu seri dari Earthlight. Opaque rencananya akan meluncurkan seri Earthlight lainnya. Disebutkan Mitchell, pembuatan game Earthlight Spacewalk membutuhkan waktu 5-6 bulan.




Selain game luar angkasa, Opaque pernah membuat semacam simulasi VR untuk membantu orang yang merawat penderita demensia hingga autisme. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed