Selasa, 27 Nov 2018 10:39 WIB

Apa Iya Asteroid 2 Kali Lipat Ukuran Big Ben Akan Hantam Bumi?

Kris Fathoni W - detikInet
Apa iya Bumi akan dihantam sebuah asteroid berukuran 2 kali menara jam Big Ben pada tahun 2023? (Foto: NASA via Getty Images) Apa iya Bumi akan dihantam sebuah asteroid berukuran 2 kali menara jam Big Ben pada tahun 2023? (Foto: NASA via Getty Images)
Jakarta - Belakangan muncul kabar bahwa sebuah asteroid yang ukurannya dua kali lipat jam Big Ben akan menghantam Bumi. Apa iya? Ini faktanya.

2018 LF16, demikian nama asteroid yang jadi sosok utama dalam pemberitaan ini. Sejumlah media, secara khusus media Inggris, memberikan laporan heboh mengenai asteroid ini.

"Menurut NASA, Asteroid 2 kali lipat ukuran Big Ben bisa menghantam Bumi pada tahun 2023," tulis Mirror dalam sebuah judul artikelnya.




Big Ben yang dimaksud adalah menara jam di London, Inggris yang menjulang 11 lantai dengan ketinggian sampai 96 meter. Merujuk pada sosok Big Ben itu, tak ayal judul berita Mirror cukup bikin ngeri dan bergidik, apalagi pakai embel-embel "menurut NASA".

Masih "menurut NASA", dalam artikelnya Mirror, disebutkan pula bahwa asteroid 2018 LF16 itu, yang lebarnya 213 meter, "diprediksi memiliki potensi berdampak ke planet kita pada 8 Agustus 2023."

Faktanya, seperti juga disebutkan dalam artikel tersebut, probabilitas asteroid 2018 LF16 menghantam Bumi sebenarnya sangatlah kecil, "dengan NASA memberikan prediksi 99.9999967 persen kemungkinan tidak bakal kena Bumi."




Situs BGR.com menegaskan ulang hal tersebut dalam artikelnya, seraya menyindir gaya clickbait dalam sejumlah pemberitaan terkait dengan asteroid 2018 LF16. "Tidak, asteroid 2018 LF16 kemungkinan tidak akan menghantam Bumi."

Dipaparkan lebih lanjut, model NASA memperlihatkan kans asteroid memiliki pengaruh ke Bumi hanyalah 1 dalam 30 juta. Peluangnya sedemikian kecil sehingga pihak yang memantau ancaman asteroid melabeli potensi ancaman dari 2018 LF16 dengan skor 0/10.

"Kemungkinan adanya tumbukan adalah nol, atau sedemikian kecil sehingga dikategorikan nol," tulis BGR menjelaskan rating nol itu.


Tonton video 'Sebuah Asteroid Menghunjam Dataran China':

[Gambas:Video 20detik]

Apa Iya Asteroid 2 Kali Lipat Ukuran Big Ben Akan Hantam Bumi?
(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed