Senin, 26 Nov 2018 13:45 WIB

Ada Bakteri Baru di Toilet Stasiun Luar Angkasa Internasional

Anggoro Suryo Jati - detikInet
NASA menemukan bakteri baru di toilet Stasiun Luar Angkasa Internasional (Foto: AFP/Getty Images) NASA menemukan bakteri baru di toilet Stasiun Luar Angkasa Internasional (Foto: AFP/Getty Images)
Jakarta - Peneliti NASA menemukan bakteri baru di toilet Stasiun Luar Angkasa Internasional/International Space Station (ISS). Bakteri ini berasal dari keluarga bakteri Enterobacter. Berbahayakah?

Bakteri ini yang ditemukan di ISS ini mirip dengan bakteri yang ditemukan di sejumlah rumah sakit di bumi, namun dengan variasi yang berbeda. Peneliti berfokus meneliti 5 strain tertentu dari bakteri yang ditemukan di toilet dan tempat olahraga di ISS pada Maret 2015 tersebut.

Hasil penelitiannya dipublikasikan pada jurnal BMC Microbiology, dan menyebut kalau bakteri ini punya 79% kemungkinan untuk menyebabkan penyakit dan bisa membahayakan para astronot jika ternyata organisme itu ternyata kebal terhadap obat yang ada.




"Melihat adanya kekebalan bakteri terhadap sejumlah obat dari tes yang sudah dilakukan dan meningkatnya kemungkinan patogenitas yang sudah teridentifikasi, spesies ini berpotensi rawan terhadap kesehatan (astronot) pada misi yang akan datang," tulis Dr Nitin Singh, yang mempimpin penelitian tersebut, dalam laporannya.

Namun para peneliti juga menekankan hasil salah satu hasil penelitiannya yang menyebutkan kalau organisme itu sampai saat ini setidaknya belum cukup kuat untuk membuat sakit manusia, atau mengancam para astronot yang saat ini ada di dalam ISS. Demikian dikutip detikINET dari Mirror, Senin (26/11/2018).


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed