Selasa, 20 Nov 2018 15:03 WIB

Roket Terkuat Sejagat SpaceX Punya Nama Baru

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Potret BFR, calon roket terkuat sejagat milik SpaceX, yang kini berganti nama menjadi Starship. Foto: Twitter/SpaceX Potret BFR, calon roket terkuat sejagat milik SpaceX, yang kini berganti nama menjadi Starship. Foto: Twitter/SpaceX
Jakarta - Elon Musk mengumumkan bahwa calon roket terkuat sejagat yang tengah dibangun oleh SpaceX, yaitu BFR, telah memiliki nama baru. Hal tersebut tampak dari kicauan di akun Twitter pribadinya.

"Mengganti nama BFR menjadi Starship," tulisnya.


"Secara teknis, ada dua bagian: Starship adalah kapal luar angkasa atau bagian atas dan Super Heavy adalah roket pendorong yang dibutuhkan untuk lepas dari gravitasi Bumi dengan baik (tidak dibutuhkan untuk planet lain atau Bulan," katanya melanjutkan.

Di samping itu, ia juga menampik kabar bahwa pihaknya sedang memperkuat Falcon 9 agar menjadi "Mini-BFR". Pengembangan tersebut berkaitan kemampuan roket itu dalam digunakan kembali.

"Kami hanya mempercepat (pembuatan) BFR," kicaunya, sebelum mengumumkan nama baru bagi calon roket terkuat sejagat itu.

Satu yang menarik, pria berjuluk Iron Man mengatakan bahwa versi berikutnya dari roket ini akan digunakan untuk melakukan perjalanan antar bintang. Itu berarti, Starship bisa mengarungi angkasa ke luar Tata Surya di masa depan.


Sampai saat ini, titel roket terkuat sejagat sepanjang masa masih dipegang oleh Delta V. Roket ini digunakan untuk pendaratan Apollo ke bulan, dan pensiun pada 1970an.

Sedangkan roket terkuat yang masih aktif menjadi milik Falcon Heavy kepunyaan SpaceX sendiri. Roket ini pertama kali meluncur ketika mengantarkan Tesla Roadster dan dummy bernama Starman ke luar angkasa.





(mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed