Jumat, 16 Nov 2018 12:49 WIB

Penganut Bumi Datar Tak Malu Diejek Teman dan Keluarga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Suasana konferensi Bumi datar. Foto: Denver Post Suasana konferensi Bumi datar. Foto: Denver Post
Jakarta - Mereka yang meyakini Bumi berbentuk datar memang sedikit. Tapi mereka teguh mempertahankan keyakinan tersebut walau kadang diejek keluarga ataupun teman dekat.

Dikutip detikINET dari Denver Post, saat ini ratusan peserta hadir dalam konferensi Bumi datar di Denver, Amerika Serikat. Untuk membakar semangat, Rick Hummer selaku MC meminta para peserta untuk bilang 'aku tidak malu'.

"Aku tidak malu diejek. Aku tidak malu dengan olokan, aku tidak malu dengan hinaan," kata massa yang antusias.

Kemudian, para pembicara pun hadir secara bergiliran dalam konferensi dua hari ini. Salah satunya Rob Skiba, YouTuber yang populer di kalangan Bumi datar.




"Aku memang tidak punya reputasi akademis, tapi aku punya kredibiltas," katanya yang disambut sorakan hadirin.

Dia lalu memulai presentasi bahwa para hadirin masuk di sekolah yang sama dengan orang-orang lain. Namun mereka berhasil mematahkan keyakinan bahwa Bumi itu bulat. "Jangan lupa, kami dulu pernah seperti kalian," katanya, yang ditujukan kepada penganut Bumi bulat.

Dianggap Gila

Charles Whitehead datang dari New Jersey ke Denver hanya untuk mengikuti konferensi tersebut. Dia pertama kali mendengar soal Bumi datar pada tahun 2016.

Lalu, dia mendengarkan seorang rapper bernama Bobby Ray Simons yang mengkampanyekan soal Bumi datar. Dari situlah, dia merasa mantap bahwa planet ini tidak bulat melainkan datar.

Akan tetapi semenjak dia terang-terangan mengaku sebagai penganut Bumi datar, hubungan Charles dengan keluarga agak terganggu.




"Keluargaku mengejekku. Mereka bilang bahwa aku bodoh atau gila," katanya.

Nah, komunitas Bumi datar membuat dia merasa diterima. "Orang-orang ini seperti keluarga. Aku ingin berada di tengah orang-orang seperti aku," pungkas Charles.

Begitulah sekelumit gambaran keteguhan sebagian penganut Bumi datar. Meski segala bukti diketengahkan soal Bumi adalah bulat, mereka sepertinya tetap tak mudah diyakinkan.






Tonton juga: Penganut Bumi Datar Langsungkan Konferensi di Amerika

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/krs)