Sabtu, 03 Nov 2018 16:58 WIB

Ingin Beli Batu Bulan, Siapkan Kocek Rp 14 Miliar

Virgina Maulita PU - detikInet
Batu Bulan yang siap dijual. Foto: Sotheby's
Jakarta - Kesempatan langka untuk memiliki sebagian kecil dari Bulan akhirnya tiba. Tapi kalian harus siapkan kocek yang tidak sedikit.

Dilansir detikINET dari CNET, Sabtu (3/11/2018), rumah lelang Sotheby's di New York, Amerika Serikat akan melelang tiga batu Bulan kecil pada 29 November. Batu ini sendiri dikumpulkan oleh robot penjelajah Luna 16 milik Uni Soviet yang kembali ke Bumi pada September 1970.


Batu-batu ini disebut sebagai satu-satunya sampel dari Bulan yang tersedia untuk kepemilikan pribadi. Umumnya sampel Bulan yang dikumpulkan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat biasanya berada di bawah kepemilikan pemerintah kedua negara tersebut. Ada pula sampel yang diberikan sebagai hadiah ke negara lain dilarang untuk dipindah tangankan ke individu.

Berdasarkan informasi dari Sotheby's, sampel ini dulunya diberikan secara khusus kepada Nina Ivanovna Koroleva. Suaminya, Sergei Pavlovich Korolev merupakan salah satu desainer dan direktur program luar angkasa Soviet di era 1950-1960an.



Koroleva sempat menyerahkan sampel ini untuk dilelang oleh Sotheby's pada tahun 1993. Kala itu, sampel ini terjual dengan harga USD 442.500 (Rp 6,6 miliar). Ini lantaran batu-batuan tersebut terbilang mewah karena terbuat dari basal dengan kristal feldspar.

Saat ini batu-batu tersebut siap dijual kembali. Dengan statusnya sekarang, diperkirakan akan terjual dengan harga USD 700 ribu hingga USD 1 juta (Rp 10 hingga Rp 14 miliar). (afr/afr)