Senin, 15 Okt 2018 20:29 WIB

Mengenal Atlas, Robot yang Bisa Parkour Hingga Backflip

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Robot ini patut mengangkat tangannya tanda gembira, lantaran dirinya bisa melakukan berbagai gerakan sulit, dari parkour hingga backflip. Foto: YouTube/BostonDynamics Robot ini patut mengangkat tangannya tanda gembira, lantaran dirinya bisa melakukan berbagai gerakan sulit, dari parkour hingga backflip. Foto: YouTube/BostonDynamics
Jakarta - Boston Dynamics, perusahaan asal Amerika Serikat, belum lama ini membagikan video pendek yang memperlihatkan kemampuan dari robot buatannya. Atlas merupakan nama dari ciptaannya tersebut.

Rekaman berdurasi tak sampai satu menit itu menampilkan Atlas yang sanggup melakukan parkour. Ya, robot tersebut mampu berlari sambil berpindah dari satu kotak ke kotak lainnya yang memiliki tinggi berbeda-beda.


Jangan keburu takjub. Itu hanya salah satu dari sekian banyak kebolehan atletis yang dimilikinya. Beberapa waktu lalu, perusahaan di bawah SoftBank Group tersebut memperlihatkan Atlas yang sanggup melakukan backflip.

Sebelum melakukannya, robot tersebut mampu melompat dari satu kotak ke kotak lain yang memiliki tinggi berbeda. Kemudian, ia melompat ke kotak yang tingginya setara dengan pinggulnya yang disusul aksi backflip setelahnya.

Selain itu, dalam video lainnya yang diunggah ke YouTube, tampak robot tersebut tengah melakukan jogging. Ia juga menampilkan kemampuannya dalam mengenali objek yang menghalangi jalannya.


Sekadar informasi, Boston Dynamics sebelumnya sempat dimiliki oleh Google, sebelum dilepas ke tangan SoftBank Group pada pertengahan 2017. Sejak saat itu, mereka menunjukkan perkembangan yang menjanjikan, sekaligus sedikit menyeramkan, terhadap Atlas, robot 'super atletis' miliknya itu.

Menarik untuk ditunggu apa yang akan bisa dilakukan Atlas berikutnya. Mungkin Boston Dynamics berniat untuk melatihnya agar bisa ikut acara televisi semisal Ninja Warrior asal Jepang.





(mon/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed