Kamis, 04 Okt 2018 19:21 WIB

Puspiptek Gandeng Sinar Mas Bangun Pusat IPTEK

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: BSD Foto: BSD
Jakarta - Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) bersama Sinar Mas Land membangun Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (GIPTI). Digadang sebagai tempat showcase kemajuan inovasi, serta sarana edukasi masyarakat di bidang IPTEK.

GIPTI berada di kawasan Digital Hub, BSD, Tangerang Selatan, menempati area seluas 15 hektar. Pembangunannya sendiri baru dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Kepala Puspiptek Sri Setiawati, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir dan CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land Christopher Siswanto.

Baca juga: Desainer Google Rancang Silicon Valley di BSD City

"GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis. Saat ini, kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut," kata Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam keterangan resminya, Kamis (4/10/2018).

"Tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri" lanjutnya.

Peletakan batu pertama oleh GIPTI oleh Kepala Puspiptek Sri Setiawati, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir dan CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land Christopher Siswanto. Foto: BSD

Sementara itu CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land Christopher Siswanto berharap GIPTI dapat menjadi sebuah ekosistem inovasi bersama Digital Hub. Sehingga mempercepat terwujudnya Sillicon Valley Indonesia di BSD City.

Baca Juga: Ini Alasan Apple Pilih Bangun Pusat Riset di BSD City

"Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan" kata Christopher.

GIPTI sendiri akan dibangun dalam 5 zona yakni Penerima, Display, Pengembangan Kewirausahan, Penelitian, dan Kawasan Ruang Terbuka Hijau. Tidak hanya itu, GIPTI juga akan dilengkapi dengan Gateaway Park, Techno Park dan Lake Park.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed