Kamis, 20 Sep 2018 19:34 WIB

SpaceX Uji Coba Penerbangan Roket Terkuat Tahun Depan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Roket BFR dari SpaceX (Foto: SpaceX) Roket BFR dari SpaceX (Foto: SpaceX)
California - Tahun ini SpaceX sudah sudah meluncurkan roket Falcon Heavy. Tahun depan SpaceX mungkin mulai menguji coba penerbangan roket BFR, yang disebut terkuat sejagat.

Dalam ajang South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat, bulan Mei lalu, Elon Musk blak-blakan soal rencananya dalam mengirim kendaraan antariksa menuju Mars.

Saat itu ia mengatakan, berdasarkan lini masa yang dirancangnya, SpaceX besutannya dapat mencapai milestone perdana pada periode enam bulan awal tahun depan. Elon Musk juga menyatakan sedang membangun pesawat luar angkasa untuk menuju Mars atau planet lain.

Pada prosesnya, muncullah roket pesawat luar angkasa bernama BFR. Walau diproyeksikan untuk bisa ke Mars dan planet lain, tujuan terdekatnya adalah ke Bulan. Miliuner Jepang bernama Yusaku Maezawa menjadi penumpang perdananya.




Saat ini, Elon mengaku pihaknya telah membangun kerangka dari bagian tengah dari roket. Dalam waktu dekat, mereka berencana untuk membangun kerangka dari bagian kubah atau hidung dan mesin roket.

"Kami akan mulai uji coba penerbangan pada tahun depan. Tergantung dari bagaimana uji coba itu akan berlangsung, kami akan melakukan penerbangan dengan ketinggian dan kecepatan tinggi pada 2020, lalu melakukan tes terhadap pendorongnya," tutur Elon.

"Jika segalanya berjalan baik, kami bisa melakukan penerbangan orbital pertama dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun ke depan," ucapnya menambahkan, sebagaimana detikINET kutip dari TechCrunch, Kamis (20/9/2018).




Meski demikian, Musk bicara soal skenario terbaik. Menurutnya, ia masih belum bisa memberikan jaminan terhadap ketepatan time line tersebut. Tapi pihaknya memang harus memberikan tenggat waktu yang diharapkan bisa terwujud.

Menarik untuk ditunggu bagaimana Elon dan SpaceX akan mengeksekusi uji coba penerbangan yang dilakukan oleh BFR nantinya. Bukan tidak mungkin penerus Roadster dan Starman yang muncul pada peluncuran perdana dari Falcon Heavy bakal dihadirkan.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed