Kamis, 16 Agu 2018 12:33 WIB

Rusia Punya Senjata Rahasia Pemusnah Satelit?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi satelit. Foto: Internet Ilustrasi satelit. Foto: Internet
Jakarta - Internet, televisi, telepon, dan GPS adalah beberapa layanan dan perangkat yang menggantungkan keberadaannya terhadap satelit di orbit Bumi sana. Lantas, bagaimana jika ada sebuah negara yang memiliki senjata pembasmi satelit dan mengganggu jalannya berbagai fasilitas tersebut di seluruh dunia?

Itulah yang dikhawatirkan oleh Amerika Serikat terhadap Rusia. Pemerintah Negeri Paman Sam menyimpan kecurigaan jika negara pimpinan Vladimir Putin tersebut memiliki senjata pemusnah satelit.


Hal tersebut disebabkan pergerakan yang dianggap aneh dari Kosmos 2521, salah satu satelit milik Rusia. Terlebih, negara pecahan Uni Soviet tersebut telah mengumumkan bahwa pihaknya tengah mengembangkan prototipe baru dari senjata antariksa miliknya.

"Kami tidak tahu secara pasti apa itu dan tidak ada cara untuk memastikannya," ucap Yleem Poblete, Assistant Secretary of State for Arms Control, Verification, and Compliance, sebagaimana detikINET kutip dari news.com.au, Kamis (16/8/2018).

Selain itu, sejumlah analis memperkirakan Kosmos 2521 yang mencurigakan itu diluncurkan pada 23 Juni lalu dengan menumpang pada satelit lain bernama Kosmos 2519. Dilaporkan, Rusia juga sudah banyak berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan satelit untuk berkomunikasi dengan sesama satelit lainnya.

Kemampuan tersebut sangat memungkinkannya untuk memata-matai berbagai satelit. Buntutnya, penyesuaian pengaturan, pengacauan sinyal, perusakan, hingga penghancuran bisa terjadi pada berbagai satelit.


Di sisi lain, Alexander Deynko, diplomat senior Rusia, membantah hal tersebut. Menurutnya, itu adalah tuduhan tak berdasar, fitnah yang berdasarkan pada kecurigaan, serta anggapan-anggapan miring lainnya.

Menurut kalian, apakah ini hanya sekadar rasa paranoid berlebihan dari AS? Atau mungkin Rusia memang benar-benar memiliki senjata pemusnah satelit?



Tonton juga 'Melihat Mobil Listrik Pertama yang Menjelajahi Antariksa':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed