BERITA TERBARU
Sabtu, 28 Jul 2018 00:29 WIB

Ini Live Streaming Gerhana Bulan Total

Agus Tri Haryanto - detikInet
Gerhana Bulan. Foto: Rachman Haryanto Gerhana Bulan. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bagi masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan dalam menyaksikan gerhana Bulan total, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan jalur alternatifnya, yakni melalui saluran live streaming.

LAPAN menyediakan live streaming yang bisa diakses di YouTube. Mereka menyiarkan pengamatan gerhana bulan total dari berbagai daerah.



"LAPAN mengajak masyarakat indonesia menikmati keindahan gerhana bulan total dibeberapa Balai Pengamatan Antariksa dan atmosfer (BPAA) dan masyarakat yang antusias datang termasuk klub-klub astronomi juga," ujar Kabag Humas LAPAN Jasyanto, Jumat, (27/7/2018).

Balai tersebut tersebar di enam lokasi, yaitu, Bukittinggi, Sumedang , Garut, Pasuruan, Pontianak dan Biak

LAPAN on Twitter

Live Streaming Gerhana Bulan Total dari BPAA LAPAN Pasuruan : https://t.co/Vk38KSLOUg



Live streaming dari Pasuruan:



Live streaming dari Biak:



Live streaming dari Sumedang:



Live streaming dari Pontianak:



LAPAN mengatakan proses gerhana bulan total ini akan berlangsung sejak pukul 00.14 WIB, yang ditandai dengan Bulan memasuki penumbra Bumi.

Fase totalnya sendiri dimulai pukul 02.30 - 04.13 WIB. Waktu fase total tersebut yang menahbiskan gerhana bulan total kali ini jadi yang paling lama terjadi di abad ke-21.

"Uniknya, gerhana bulan tersebut akan menjadi gerhana bulan dengan durasi gerhana total terlama dalam abad ke-21, yaitu selama 1 jam 43 menit," ujar Jasyanto. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed